Amankan Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Paslon Gubernur Bali, Polda Bali Lakukan Penjagaan Ketat

IMG-20180213-WA0008

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Ratusan personel Polda Bali dan Polresta Denpasar mengamankan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon serta penetapan Daftar Pasangan Calon (DPC) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018, di Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa (13/2/2018). Rapat ini dipimpin Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan dihadiri oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Irwasa Polda Bali Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.H., kedua Paslon paket KBS-Ace dan Mantra-Kerta beserta pendukung masing-masing.

IMG-20180213-WA0009Pihak kepolisian melakukan pengamanan dan penjagaan ketat di pintu masuk kantor Gubernur Bali. Setiap kendaraan dan orang yang masuk diperiksa dan diminta menunjukan ID card yang sudah disiapkan oleh KPU Provinsi Bali.

Sekitar pukul 15.30 Wita masing-masing Paslon diantar ribuan pendukungnya diiringi Baleganjur (gamelan tradisional Bali) saat menuju Gedung Wiswa Sabha Utama. “Tidak semua massa pendukung boleh masuk ke dalam gedung. Pihak KPU Bali hanya mengijinkan 70 orang dari masing-masing pendukung Paslon dilengkapi ID card yang boleh masuk ke tempat rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut Paslon,” kata Kasat Brimob Polda Bali Kombes Pol. Laksana, S.I.K. selaku Wakaopsda Mantap Praja Agung-2018.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polda Bali menyiagakan satu peleton pasukan Brimob dan dua peleton pasukan Dalmas. “Tidak hanya itu, kita juga melakukan pengamanan tertutup dengan menerjunkan personel Intelijen. Intinya adalah pengundian nomor urut Paslon harus berjalan aman dan lancar tanpa ada gesekan kedua massa pendukung,” imbuh perwira lulusan Akpol tahun 1993 ini.

Sebelum dilakukan pengambilan nomor urut, rapat pleno terbuka diawali dengan pembacaan tata tertib. Setelah itu, pengundian nomor urut dimulai dengan pengambilan nomor antrean oleh kedua ketua tim pemenangan yakni Gede Ngurah Wididana dari Paslon Mantra-Kerta dengan mendapatkan abjad A sehingga Mantra-Kerta mendapat giliran lebih dulu. Sementara Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace, I Nyoman Giri Prasta mengambil abjad B.

Kemudian setelah pengambilan nomor antrean, paket Mantra-Kerta otomatis mendapat urutan pertama untuk mengambil nomor urut di dalam kotak. Kemudian disusul oleh paket KBS-Ace.

Setelah pengambilan nomor urut antrean, kedua pasangan Paslon Pilgub Bali ini melanjutkan untuk mengambil nomor urut pasangan di dalam kotak dan menunjukannya secara bersama-sama.

Pasangan pertama yang mengambil Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta. Kemudian Wayan Koster dan Tjo Oka Artha Ardana Sukawati. Saat menunjukan nomor urut, dari paket KBS-Ace mendapat nomor urut 1 sedangkan paket Mantra-Kerta mendapat nomor urut 2.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password