Mabes Polri Gelar Sosialisasi Hukum di Polda Sulut

polda - sosialisasi hukum

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Divisi Hukum Polri melaksanakan sosialisasi hukum di Polda Sulawesi Utara, Selasa (13/2/2018).

Sejumlah Peraturan disosialisasikan di aula tribrata Polda Sulut, yaitu Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, Perkap 18 tahun 2017 tentang perubahan kedua atas Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 13 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Perkap 19 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Promosi Jabatan Terbuka di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sosialisasi dibuka oleh Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs. Bambang Waskito, yang dihadiri oleh Tim Divisi Hukum Polri yang dipimpin Ketua Tim Kombes Pol Drs. Kadarusman, para PJU Polda dan 170 personil Polda Sulut dan jajaran.

Dijelaskan Kapolda, agar penyelenggaraan Pilkada berlangsung dengan sukses, tentu harus dibarengi dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

“Disinilah peran penting Polri sebagai pengemban fungsi Pemerintahan yang bertugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk bertanggung jawab dalam mengawal pelaksanaan pilkada agar berjalan dengan damai dan tertib,” kata Kapolda.

Terkait Perkap 18 tahun 2017, Kapolda mengatakan bahwa tunjangan kinerja diberikan kepada pegawai berdasarkan capaian kinerja dari masing-masing pegawai. “Pegawai itu akan menerima tunjangan full apabila tugasnya dapat diselsesaikan secara menyeluruh dan sebaliknya jikalau pekerjaannya dilaksanakan tidak menyeluruh tentunya kinerja yang didapatnya akan fluktutatif, bisa turun-bisa naik,” tegasnya.

Beliau juga menekankan bahwa promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polri telah berlangsung secara terpola dengan dukungan penyelenggaraan assement center. “Faktor-faktor yang mendukung promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polri adalah dukungan sumber daya administrasi dan sumber daya manajerial,” katanya.

Sementara itu menurutnya salah satu faktor yang menghambat promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polri, adalah mentalitas anggota yang tidak sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi dan tuntutan perubahan lingkungan strategis organisasi.

Kapolda berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sungguh-sungguh dan bisa mengimplementasikannya dengan baik.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password