Polisi Bersama BNN Kab. Jayapura Sosialisasikan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres Jayapura – Kapolsek Depapre Ipda Usriyanto. SE bersama BNN Kab. Jayapura Sosialisasikan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Nartkotika (P4GN) di aula SMK Negeri 3 Depapre. Sabtu (10/02/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Depapre Bripka Desri Kendek. SH, Bhabinkamtibmas Tablasupa Brigpol Billy D. Depondoye, Kepala Kampung Tablasupa Ibu Salonika Kisiwaitou, Staf BNN Kab. Jayapura Thomas H. S.Sos dan Asikin, Kasi P2M Adomina Dawan. SH, Dewan Guru SMK N 3 Depapre, Pdt. Wenan Bayani, Jemaat GKI Wibong 1 Tablasupa sebanyak 9 orang, Kepala Dusun RW 2 Thomas Kisiwaitou dan 35 Siswa SMK N 3 Depapre.

Kapolsek Depapre Ipda Usriyanto. SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak BNN Kab. Jayapura yang akan melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika kepada para pelajar di SMK Negeri 3 Depapre karena mereka adalah penerus bangsa ini.

Kapolsek menambahkan apabila para pelajar hendak melanjutkan pendidikan atau melapar pekerjaan nantinya kalian akan dimintai rekomendasi bebas narkoba, ketika para pelajar diperiksa ternyata positif maka rekomendasinya tidak bisa dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Program P4GN ini dicanangkan karena pada tahun 2010 indonesia mengalami situasi darurat narkoba, penyalahgunaan narkoba tidak turun dan sudah mencapai 2,2% atau sekitar 4,2 juta orang menggunakan narkoba setiap hari dan 40 orang meninggal setiap harinya karena narkoba.

Orang yang menggunakan narkoba bisa menimbulkan Alkoholisme (stimulasi, halusinasi, paranoid, kehilangan kendalai, kesadaran menurun, pelupa, depresi dll), Dikarenakan narkoba menyerang otak dan tulang belakang organ tubuh.

Adapun gejala dini penyalahgunaan narkoba diantaranya perubahan sikap dan perilaku, perubahan fisik, ditemukan narkoba dan peralatannya, diketahui sedang menawarkan narkoba pada orang lain sedangkan untuk langkah pencegahan yaitu pencegahan primer, pencegahan sekunder, pencegahan tersier dan pada prinsipnya mencegah lebih baik serta lebih murah dari pada mengobati.

Penulis  : Andi/Guntur

Editor  : Alfian Nur

Publish  : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password