Peduli Warga Miskin, Kapolres Gowa Kunjungi Nenek Siang dan Beri Santunan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga bersama Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Gowa Ny. Oni Silitonga bersama rombongan pengurus Bhayangkari Cabang Gowa mengunjungi salah satu Warga di Dusun Borong jambu Desa Julupamai yang tidak mampu untuk bersilaturahmi dengan memberi bantuan tali asih kepada Nenek Dg. Siang (65), Rabu (7/2/18) sekitar Pukul 17.15 Wita.

Adapun dalam kunjungan silaturahmi tersebut dimaksudkan sebagai rasa simpati dan empatinya kepada Warga yang tidak mampu sebagai ungkapan kasih sayangnya terhadap orang tua.

Apalagi belum lama ini Kapolres Gowa dan Keluarga merayakan Ulang Tahun Ibu kandungnya yang ke-66 Thn, sangatlah teringat dan berkesan dihati beliau dengan mendatangi warganya yang sudah tua dan tidak mampu ini.

Kesan yang sangat dalam dan berarti terhadap diri Pribadi Akbp Shinto Silitonga dan Ny. Oni Silitonga begitu melihat kehidupan Nenek yang sudah menjanda dengan kehidupan memprihatinkan, ditengah kepedihan hati yang dirasakan, beliau memberikan semangat kepada si Nenek bahwa dalam kehidupan kita ini susah senangnya sudah diatur semuanya oleh Maha Kuasa. Jadi kita harus sabar dan ikhlas menerima dan menjalaninya, jangan berputus asah dan jangan lupa berdoa selalu agar setiap langkah kita di ridhoi oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

“Hidup harus semangat dan jangan berputus asah karena dibalik semuanya itu akan ada hikmahnya,” pungkas Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga.

Sekitar Pukul 18.30 Wita Bpk. Kapolres Gowa meninggalkan lokasi namun sebelumnya itu Ibu Oni Silitonga (Ketua Bhayangkari Cabang Gowa) mendahului tinggalkan lokasi untuk melanjutkan Kunkernya ke Polsek Pallangga. (Humas Polres Gowa)

Apa yang dilakukan Kapolres Gowa bersama jajaran adalah salah satu bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Qadri

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password