Polda DIY Merilis OTT Terhadap Oknum Staf Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Irwasda Polda DIY Kombes Pol Drs. Budi Yuwono, Dirreskrimsus Kombes Pol Drs. Gatot Agus Budi Utomo dan Kabid Humas AKBP Yuliyanto, S.IK., M.Sc. menyampaikan kepada awak media. Polda DIY berhasil melakukan tangkap tangan terhadap IA, seorang Staf Tenaga Bantu pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. IA ditangkap karena terbukti menggunakan kewenangannya untuk mencari keuntungan secara pribadi.

Hal ini berawal dari proses penerbitan IMB yang diajukan oleh DI (Direktur Operasional Netcity) dan AA (HR Netcity). Saat itu DI dan HR sudah mengganti pohon pucuk merah sebanyak 50 batang kepada Dinas Lingkungan Hidup. IA kemudian mengajak bertemu DI dan HR di Netcity Internet Learning Cafe, Jl. Ipda Tut Harsono, Yogyakarta, pada Kamis 18 Januari 2018. Akan tetapi IA kemudian meminta pembayaran paksa dari korban untuk mengurus izin in Gang. In Gang adalah taman sepanjang jalan. Dengan alasan bahwa IMB yang diajukan tidak akan terbit jika tidak membayar uang sejumlah di atas. Menurut IA, IMB dari Dinas Perijinan dipengaruhi oleh Ijin In Gang.

Informasi tentang pertemuan ini diterima oleh Penyidik dan melakukan pengamatan dari jauh. Sekitar pukul 18.43 WIB Pelaku terlihat memasuki Netcity Lantai 2 dan mengadakan pertemuan dengan korban. Sekitar pukul 20.26 WIB Pelaku keluar dari Lantai 2 Netcity dan langsung dilakukan penangkapan.

Saat ditangkap, Penyidik berhasil mengamankan uang tunai yang dibawa oleh pelaku sebanyak Rp. 12.500.000. di dalam tas plastik/tas kresek hitam. Selain itu Penyidik juga mengamankan dua lembar kwitansi tanda terima, satu lembar untuk pengurusan IMB sebesar Rp. 15.000.000 dan satu lembar untuk mengurus izin In Gang tertulis Rp. 12.500.000.

Pasal yang dilanggar Menyalahgunakan kekuasaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 12(e) UU No. 31/1999 yang telah diubah dan disempurnakan dengan UU No. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 200 Juta dan paling banyak Rp. 1 M.

penulis : AgungMP
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password