Pengukuhan Pakor Polwan Polda DIY. Kapolda DIY : Jadilah Polwan yang Cerdas dan Trengginas

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Kapolda D.I.Yogyakarta Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si mengukuhkan AKBP Cahyani, S.E., M.Ec.Dev., sebagai Perwira Kordinator (Pakor) Polwan Polda D.I.Yogyakarta Periode 2018-2019 menggantikan AKBP Kurniati S.Sos., yang telah bertugas periode 2016-2017. Pengukuhan ini berlangsung di Gedung Serbaguna Mapolda DIY, Jumat (19/1/2018). Pengukuhan Pakor Polwan periode 2018-2019 ini dihadiri Wakapolda DIY Kombes Pol. Drs. Teguh Sarwono, M.Si., Para Kepala Biro (Karo), Direktur, Kepala Bidang, dan Kapolres Jajaran se Polda DIY serta 350 anggota Polwan Polda DIY sejajaran.

AKBP Kurniati, S.Sos., yang merupakan Pakor Polwan 2016-2017 memaparkan bahwa selama kepemimpinannya, Polwan Polda DIY serta jajaran telah melakukan berbagai Pelatihan antara lain Pelatihan leadership, pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) Polwan, Pelatihan Pembentukan dan tim Patroli Polwan.

“Disamping itu pula, Kita juga melaksanakan pelatihan Tentang Razia dikhususkan Polwan yang bertugas di Reserse. Saat ini kita sedang melaksanakan yaitu pelatihan Penunggang Turangga (Penunggang Kuda),” paparnya.

Menurut AKBP Kurniati, Polwan Polda DIY juga gencar melaksanakan Program dari KPK. Yaitu SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi). “Khusus SPAK Polwan, ini sangat diapresiasi dan mendapatkan Penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Waktu itu pada Peringatan Hari Anti Korupsi Se Dunia di Hotel Bidakara Jakarta, SPAK Polwan Polda DIY diundang secara khusus oleh KPK untuk berbicara menjadi narasumber seminar Hari Anti Korupsi,” imbuhnya yang diikuti tepuk tangan yang meriah.

AKBP Cahyani, S.E., M.Ec.Dev., dalam sambutannya sebagai Pakor Polwan baru mengatakan ini merupakan tugas yang diamanahkan kepada dirinya berdasarkan pemikiran dari Polwan Se-DIY dan dia berharap selama 2 tahun kedepan membutuhkan dukungan dan doa dari semua pihak.

“Saya salut atas prestasi dan kinerja dalam berbagai tugas yang di tunjukkan Polwan selama ini. Sebagai anggota Polwan kita harus menjunjung tinggi Kode Etik Kepolisian sehingga Polwan dapat mewujudkan Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya,” harapnya.

Sementara itu, Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si mengatakan tugas atau filosofi yang paling penting adalah Toto Tentrem Kerta Raharja yang bermakna Polisi menegakkan hukum dan Harkamtibmas semuanya bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

“Polwan memiliki makna yang strategis. Saya betul betul sangat bangga dengan Polwan Polda DIY. Prestasinya sangat banyak dan bagus sekali. Prestasi saat ini dan Optimisme ini harus menjadi pacuan untuk mengukir prestasi berikutnya. Ukirlah prestasi sebanyak banyaknya,” harap Kapolda.

Menurut Kapolda, Pakor polwan harus bisa mendengarkan berbagai permasalahan Polwan dan memberikan solusi terbaik. Jika Pakor Polwan mendapat kesulitan, agar berkordinasi dengan Karo SDM ataupun Ibu Asuh Polwan.

“Jadilah Polwan yang murah senyum dan bersahabat kepada masyarakat luas. Jadilah Polwan yang cerdas dan trengginas sehingga mampu memberikan warna kepada Satker tempat bertugas dan Polda DIY pada umumnya. Sukses selalu kepada Polwan di Seluruh Jajaran Polda DIY,” tandasnya berharap.

aad3fb1b-c2fe-4a2b-88ac-9492b9c90193Pakor Polwan sendiri adalah jabatan yang diemban kepada salah seorang anggota Polwan yang senior dalam hal pangkat dan Usia, untuk menjadi Perwira Kordinator yang khusus membina dan mengasuh Polwan se Jajaran DIY. Pemilihan Pakor Polwan digelar sehari sebelum Pengukuhan dan dilaksanakan dengan sistem Pemilihan yaitu melalui metode surat suara. Sedangkan jabatan Pakor Polwan diemban selama 2 tahun menjabat.

penulis : Dhenny
editor : Alfian
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password