Marnit Muara Kubu Bantu Evakuasi Kapal Motor yang Tenggelam Dihantam Ombak

 

Tribratanews.polri.go.id, jum’at 12 Jan 2018 Pukul 01.05 di perairan Tanjung kedah Muara Kubu terjadi Laka-laut yaitu tenggelam KM.SINAR KAKAP,GT 21 yang di nakhodai oleh Pak Kamil bersama 7 orang anak buah kapal,membawa muatan Ikan Gembung sebanyak 16 ton .

Pada pukul 01.00 wib Anggota Marnit Muara Kubu menerima telepon dari pemilik kapal Sdr. Tong Seng adanya informasi bahwa kapal miliknya KM.SINAR KAKAP. Mengalami laka laut di perairan muara kubu dan minta pertolongan karna kapal akan tenggelam

Menerima laporan tersebut selanjutnya Kamarnit Muara Kubu Aipda Ilham, Sh melalui Anggotanya segera berkoordinasi dengan anggota Kamla TNI-AL Muara Kubu dan warga sekitar untuk membantu proses evakuasi crew kapal tersebut dengan menggunakan speed boat 40 PK milik Marnit Muara Kubu dan sped milik warga.

Pak Kamil Nakhoda KM. Sinar Kakap menjelaskan kronologis kejadian pada dini jumat hari, hari kamis pukul 10.00 Wib Kapal bertolak dari perairan Tanjung Satai dengan tujuan pelabuhan Rasau jaya Kab . Kubu Raya, dan pada jumat dini hari pukul 00.50 wib Kapal memasuki perairan muara Kubu (tepatnya tanjung kedah) dan dihantam ombak sekitar 2 meter disertai hujan lebat menghantam kapal dari haluan dan air masuk ke dalam kapal.

“Pukul 01.20 wib saya beserta ABK sudah berusaha menguras air dengan mesin penyedot air dan secara manual tapi air terus masuk akibat gelombang dan kapal tidak bisa lg di kuras, namun pukul 01.40 wib Kapal tenggelam”, Ujar Pak Kamil.

Kamarnit Muara Kubu Aipda Ilham, SH membenarkan kejadian tersebut sesampainya anggota di TKP, kapal tersebut sudah dalam keadaan tenggelam semua crew kapal sudah berada di anjungan kapal dan minta tolong untuk di evakuasi dari kapal karna ada seorang ABK kapal mengalami keram otot.

Pukul 02.20 evakuasi selesai. Crew kapal KM. SINAR KAKAP sementara di amankan di Marnit Muara Kubu Ditpolair Polda Kalbar dan akan dimintai keterangan lebih lanjut Korban jiwa nihil, kerugian materil belum dapat diprediksi diantaranya, 1 unit Kapal KM. SINAR KAKAP yang bermuatan ikan gembung sebanyak 16 ton, dan BBM minyak solar sebanyak 2 Drum.

Penulis : Mahrani
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password