Polda Jatim Patroli Dunia Maya

Tribratanews.polri.go.id- Polda Jatim, Polda Jawa Timur membentuk Subdit Cyber Crime, untuk mengatasi kejahatan kejahatan yang ada di dunia maya.  Hal ini dilakukan, bukan karena tahun 2018 adalah tahun politik, dengan adanya Pilkada serentak.

Beberapa kejahatan melalui dunia maya seperti berita  hoax, menulis status atau komentar yang menyinggung Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA), bahkan menyebarkan gambar yang tidak sepatutnya.

“Tidak Pemilu aja, kami sekarang bentuk Subdit Cyber, sudah ada Cyber Troop, ada macam-macam,” tandas Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin, Selasa (9/1/2018).

Kapolda menegaskan, dengan dibentuknya Subdit Cyber ini, akan semakin mudah bagi aparat kepolisian untuk mencari dan mengetahui orang pertama yang menyebarkan foto, konten, maupun tulisan yang tidak sepatutnya.

“Kami kerjasama dengan Panwaslu dan ada Gakkumdu. Kalau ada lingkup pidana-nya pasti kami proses sesuai hukum yang berlaku,”  lanjutnya.

Terlebih pada momentum pemilihan Kepala Daerah saat ini, kampanye hitam dan kampanye negatif melalui media sosial diperkirakan akan menjadi lahan bagi tim sukses. Dengan bekerjanya Subdit Cyber, dapat mengurangi kecenderungan tersebut.

“Apalagi dalam Pemilu. Pasti ada tim yang akan kami bentuk, baik itu yang rutin maupun yang memang khusus disiapkan untuk hadapi Pemilu nanti,”  ujarnya. 

Penulis : Ice / hms jtm
Editor : Alfian Nur
Publish : Ice

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password