Tampilkan Aksi Memukau, Satpam Binaan Polres Banyuwangi Sukses Curi Perhatian

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Satuan Pengamanan (Satpam) adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin pada 30 Desember 1980 guna membantu tugas polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam kesehariannya, satpam senantiasa bersinergi dengan polri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Peran satpam sebagai pendukung polri dalam menciptakan stabilitas keamanan di Kabupaten Banyuwangi cukup besar. Terbukti, berbagai objek vital di wilayah Kabupaten Banyuwangi tak lepas dari pengamanan petugas swakarsa ini.

Sinergitas satpam dan Polres Banyuwangi terwujud dalam perayaan HUT Satpam yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Banyuwangi, Selasa (9/1).

Barisan satpam di Kabupaten Banyuwangi rapi tergelar, tampak pula barisan Polhut dari Perum Perhutani Barat, Selatan dan Utara serta Senkom guna mengikuti gelaran ulang tahun satuan pengamanan yang dikenal dengan seragam putih biru tersebut.

Dipimpin langsung oleh Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Annas, peringatan HUT Satpam ke 37 tahun berjalan dengan lancar. Bahkan, para satpam juga unjuk kebolehan sebagai petugas upacara.

Wujud dukungan para elemen pemerintahan, Forkopimda Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Ruly Nuryanto, Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut (P) Suhartaya, M.Tr. Hanla, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si., dan Pemerintah Daerah Banyuwangi turut membaur di kursi undangan. Hadir pula para Kapolsek Jajaran dan tamu undangan mengikuti gelaran acara dengan khidmat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia bahwa semua anggota satuan pengaman harus bersikap tegas dan cermat menjaga keamanan serta ketertiban dan meningkatkan komunikasi koordinasi dan kemitraan dengan polri dan instansi terkait di lapangan serta berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security.

Selain itu, Anggota Satuan Pengaman adalah mereka yang secara fungsional dan structural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi. Sehingga Satuan Pengaman memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di Negara kita, dalam hal ini kapolri telah menetapkan kebijakan prioritasnya sebagai salah satu dari sebelas program prioritas Yaitu “Membangun Kesadaran Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kamtibmas”.

WhatsApp Image 2018-01-09 at 12.13.25 (1)

Kapolres Banyuwangi melalui Kasat Binmas Polres Banyuwangi AKP Imron, S.H. mengatakan pihaknya mengajak seluruh Satpam di wilayah Polres Banyuwangi untuk turut menyemarakkan gelaran acara hari lahir satuannya tersebut.

“Perayaan HUT Satpam ini sebagai wadah menjalin kekompakan dan peningkatan kualitas dalam pelaksanaan tugas secara professional dan terpercaya guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di Bumi Blambangan”, ungkapnya.

Usai pelaksanaan upacara, ditampilkan pertunjukkan senam borgol oleh satuan pengamanan PT. Semen Bosowa. Suasana semakin meriah tatkala para pasukan berseragam biru tersebut turut menunjukkan kelihaiannya dalam bela diri polri. Beragam aksi yang dilakukan dengan sigap dan lantang tersebut sukses mencuri perhatian para tamu undangan yang hadir. Selanjutnya, dilaksanakan ramah tamah oleh Kapolres Banyuwangi sebagai ucapan syukur dan apresiasi terhadap satuan pengamanan tersebut.

Penulis   : Rossy Oktavia – Humas Polres Banyuwangi

Editor     : Alfian Nurnas

Publish  : Rossy Oktavia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password