Jelang Pilgub, Kapolda Nyatakan Siap Bentuk Satgas Anti Money Politik

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Mengantisipasi berbagai pelanggaran pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur pada 2018 ini di beberapa Provinsi di Indonesia, dan Pemilihan Legislatif maupun pemilihan Presdien dan Wakil Presiden 2019 mendatang, Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk satgas anti money politik.

Pembantukan satgas anti money politik di tingkat pusat tersebut, juga akan tindaklanjut di seluruh Polda yang ada di Indonesia termasuk di Polda Maluku Utara (Malut).

Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum mengatakan, untuk pembentukan tim satgas money politik jelang pilgub 2018 dan pileg serta pilpres 2019 mendatang, dirinya telah siap untuk melakukan pembentukan.

Lanjut Kapolda, tim yang akan terbentuk untuk menciptakan pilkada yang damai tanpa adanya politik uang tersebut, nantinya ada perwakilan untuk digabungkan dengan satgas yang ada.

“Jika tingkat Mabes satgasnya telah terbentuk maka kita di daerah juga akan membentuknya dengan tim yang di sprinkan.” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, pembentukan satgas anti money poltik pada pilkada baik 2018 dan 2019 itu merupakan satu perintah yang di sampaikan langsung oleh Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam vidio cenverance yang berlangsung pagi jelang siang tadi di ruang rapat utama (Rupatama) Mapolda Malut.

“Dalam vicon dengan pak Kapolri, beliau memerintahkan kepada seluruh Polda yang ada di Indonesia termasuk kita di Malut untuk segera membentuk satgas anti money politik dalam rangka menghadapi pemilukada di 17 Provinsi yang ada di Indonesesia termasuk di Malut.” ungkap Kabid Humas Polda Malut.

Kabid Humas Polda Malut juga menambahkan, pembentukan satgas anti money poltik pada pilkada di Malut sebagaimana instruksi Kapolri itu akan dibentuk baik ditingkat Kabupaten dan Kota maupun di tingkat Provinsi.

“Jadi satgas itu akan segera di bentuk di tingkat Mabes Polri dan dilanjutkan di seluruh Polda termasuk di Malut.” akunya.

Peran dari tim satgas ini lanjut Kabid Humas Polda Malut, akan melakukan koordinasi ekstra dengan beberapa instansi terkait diantaranya Bawaslu dan KPU, karena tim itu nantinya juga akan ditempatkan diseluruh Polres yang ada di jajaran Polda Malut.

“Jadi tim satgas anti money politik yang nantinya terbentuk itu akan selalu melakukan pengawasan ekstra sehingga pilkada di Malut sehingga bisa mengawasi permainan politik uang para calon kepala daerah yang nantinya akan bertarung.” tegasnya mengakhiri.

Penulis             : Wanto Tftt

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password