REKONSTRUKSI KASUS PEMBUNUHAN : Tersangka Sengaja Mendorong Korban ke Dalam Jurang

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Biak – Polres Biak Numfor melaksanakan Rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Alm. Laban Miokbun (27) warga kampung Urfu di tempat kejadian perkara (TKP) Kampung Waroi, melalui Penyidik Sat Reskrim Polres Biak Numfor, Selasa (17/1/2017)

Ada 46 total kejadian yang diperagakan oleh delapan orang saksi dan satu orang tersangka serta korban yang diganti oleh anggota Sat Reskrim Polres Biak.

Pada rentetan adegan ke 30 hingga ke 43 korban diketahui hanya bersama tersangka, tanpa ada saksi lainnya. Saat kejadian itu suasananya dalam keadaan gelap dan usai pergantian malam tahun baru.

Pada adegan ke 30 di sanalah ada interaksi antara korban maupun tersangka, awalnya korban bersama tersangka diajak untuk minum-minuman keras di sebuah tempat. Korban tidak tahu ada niat jahat dari tersangka IB, tiga kali berpindah tempat sambil meneguk minuman keras bersama sampai mendekati bibir jurang, dimana korban berada kurang dari satu jengkal dekat bibir jurang.

Korban dengan sengaja diajak ke dekat jurang yang cukup dalam. Disana korban duduk seakan tak menyadari di belakangnya ada jurang yang berbahaya dan tersangka berada di depan korban, tidak duduk namun setengah menjongkok, seperti dalam posisi stand by terhadap sesuatu.

Mereka berdua masih asik menghabiskan minuman keras yang tersisa dan selanjutnya di tepian jurang itulah terjadi perkelahian, namun posisi dari tersangka diuntungkan karena berada didepan korban, sementara korban tak jauh dari bibir jurang yang rentan longsor.

Akhirnya tersangka memukul korban kemudian mendorong  korban hingga terjatuh kedalam jurang yang dalamnya kurang lebih 25 meter, kemudian tersangka meninggalkan TKP dan kembali ke rumahnya.

Korban akhirnya berhasil ditemukan dan diangkat dari jurang oleh tim gabungan personil Polres Biak Numfor, SAR dan masyarakat (6/1).

Pelaksanaan rekonstruksi dipimpin oleh Wakapolres Biak Numfor Kompol Rudolof Yabansabra, SH, MH didampingi Kaurbinops Reskrim Iptu M. Yusuf SH. S.Sos yang dihadiri  oleh Kajari Biak bersama Kasi Pidum.

Kapolres AKBP H. Hadi Wahyudi. SIK melalui Kaurbinops Ipda M. Yusuf, SH. S.Sos mengatakan dalam waktu dekat seluruh pemberkasan kasus itu akan segera dirampungkan dalam minggu ini kemudian di limpahkan ke Kejaksaan Negeri Biak.

Pelaku akan dikenakan Pasal Pembunuhan berencana pasal 340 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup. (rsl)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password