Kapolres Klungkung Mengikuti Forum Diskusi Lintas Agama

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Polres Klungkung. Kapolres Klungkung AKBP. Bambang Tertianto, SiK. CFE. bersama Dandim 1610 Klungkung Letkol Kaveleri Jacob Jenes patty mengikuti Forum Diskusi Lintas Agama, untuk kerukunan umat beragama di Indonesia, yang diselenggarakan oleh FKUB Bali, bertempat di Puri Denbencingah, Klungkung, Jumat, (22/12/2017).

Sebagai pembicara dalam diskusi ini Prof.Dr.KH. Sirajuddin Muhammad Shamsuddin sebagai utusan khusus Bapak Presiden Jokowi, untuk dialog dan kerjasama antar Agama dan peradaban yang dihadiri para pemuka agama dan komunitas agama seluruh Kabupaten yang ada di Bali.

Ketua FKUB Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Forum Diskusi Lintas Agama ini dilaksanakan dalam rangka membangun, merawat dan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Indonesia.

Bali yang merupakan tujuan wisata utama yang ada di Indonesia sangat memerlukan kerukunan, kedamaian dan keamanan, jadi dihimbau semua komponen lintas agama berkewajiban ikut menjaga Bali agar tetap aman dan damai, jadikan kerukunan itu prioritas untuk semuanya, kerukunan antar umat beragama di Bali harus dikelola dengan baik, secara terus menerus, karena Bali sangat tergantung dengan kerukunan, kedamaian dan keamanan.

Bali harus menjadi contoh bagi Daerah-daerah lain di Indonesia terkait dengan kerukunan, kedamaian dan keamanannya, mengingat dibali ini banyak masyarakat dari berbagai Daerah dan Agama yang berbeda hidup secara berdampingan dan kondusif. Disampaikan juga agar semua umat beragama di Bali tetap memegang tegus toleransi beragama.

Sementara itu Prof. Dr.KH. Sirajuddin Muhammad Shamsuddin mengatakan, Forum Diskusi Lintas ini diharapkan bisa mempererat kerukunan Anak-anak Bangsa.

Dikatakan juga Indonesia punya modal besar untuk kerukunan, kedamaian dan keamanan antar umat beragama, yaitu Agama itu sendiri, pada prinsipnya, tak satu agamapun yang mengajarkan permusuhan.

Oleh karena itu Ia berpendapat semua Umat dari berbagai Agama harus bersatu menciptakan kerukunan, kedamaian dan keamanan antar umat beragama yang ada di Indoneia.

Kita harus dan wajib menjaga kerukunan dan keharmonisan hubungan antar umat beragama baik dengan agama Hindu, Islam, Kristen, Konghucu dan agama lainnya. Kedepankan musyawarah dan kekeluargaan dalam penyelesaian suatu masalah sehingga permasalahan tidak akan meluas, ungkapnya.

Kapolres Klungkung AKBP. Bambang tertianto Sik. CFE. seusai mengikuti Dialog mengatakan, “ kegiatan ini sangat baik dan bermamfaat, setidaknya dari dialog seperti ini kita bisa mengetahui permasalahan yang terjadi di masyarakat, terkait dengan permasalahan social yang ada.

Kapolres juga mengatakan, apalagi dalam waktu dekat ini saudara-saudara kita yang beragama Kristen akan merayakan hari raya Natal dan kita semua akan merayakan penyambutan Tahun baru 2018, jadi mengajak semua masyarakat Klungkung bisa menjaga kerukunan antar umat beragama yang selama ini sudah kondusif.

Dikatakan juga mulai tanggal 23 Desember 2017 s/d 1 Januari 2018 Polres Klungkung menggelar Operasi Lilin Agung 2017, untuk mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, untuk itu dihimbau bagi masyarakat Klungkung untuk tidak secara berlebihan meluapkan kegembiraannya dengan minum minuman keras, apalagi ditempat umum atau diatas trotoar, karena hal tersebut sangat mengganggu masyarakat lainnya.

Penulis : Tim

Editor : Alfian Nur

Publish: Hendra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password