Rp. 1,3 Juta Raib Penipuan Online Kembali Terjadi

Tribratanewspolri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sintang – Kasus penipuan online kembali terjadi. Kali ini penipuan dialami oleh AH (31). Uang sebesar Rp 1,3 juta yang ditransfer korban melalui sang adik sebagai bayaran kepada pelaku penipuan untuk membeli sepatu raib. Barang yang diinginkan itu pun tak kunjung sampai.

Merasa menjadi korban penipuan, AH melaporkan kasus tersebut ke Polres Sintang. Ia mengatakan penipuan itu terjadi pada Kamis (14/12) pada saat ia ingin membeli sepatu secara online.

Berawal dari mengirimkan gambar sepatu yang ingin dibeli tersebut kepada adiknya di Cirebon melalui via WhatsApp, setalah itu adiknya meminta ia mengirimkan uang ke nomor rekening orang yang mengaku sebagai penjual sepatu online tersebut dan ditransfer uang tersebut pada Jumat (15/17) sekitar pukul 14.00 Wib melalui via ATM.

Akan tetapi setelah mentransfer uang tersebut barang tidak kunjung datang sampai saat ini dan nomor telpon pada WhatsApp orang mengaku sebagai penjual sepatu tersebut sudah tidak aktif lagi.

Menanggapi hal tersebut Polres Sintang saat ini langsung memproses dugaan tindak pidana Penipuan tersebut sebagaimana yang di maksud dalam rumusan pasal 378 KUHP atau Pasal 28 ayat ( 1 ) UU. No 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik.

Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, SIK, MH melalui Paur Subbag Humas Polres Sintang Iptu Hariyanto menghimbau agar berhati – hati dalam melakukan transaksi terhadap toko online. Khususnya pada toko online yang memberikan harga yang lebih murah dari pada pasaran dan sangat berpotensi terhadap penipuan.

” Saran kami jangan mudah tergiur terhadap harga yang jauh lebih murah dan lakukan cros chek secara detail terlebih dahulu terhadap toko online tersebut sebelum melakukan transaksi” pungkasnya

Penulis : Chintya Farisa
Editor ; Alfian N / Nanang P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password