Lomba Poskamling Cipta Kampung Aman 2017, Tingkatkan Kesadaran Kamtibmas Sekaligus Serap Aspirasi Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Beberapa desa di Kabupaten Trenggalek mendapatkan hadiah menarik, trofi dan piagam penghargaan dalam lomba Poskamling tingkat Kabupaten Trenggalek tahun 2017. Penyerahan hadiah sendiri diberikan saat pelaksanaan apel gelar pasukan Ops Lilin Semeru 2017 bertempat di halaman Mapolres Trenggalek yang disaksikan langsung oleh ratusan personel lintas instansi antara lain personel Polres Trenggalek, Kodim 0806 Trenggalek, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Senkom dan Pramuka, Kamis (21/12).

Dari hasil penilaian yang sudah diputuskan, ada tujuh desa yang diambil sebagai pemenang lomba Poskamling tingkat Kabupaten Trenggalek tahun 2017 yaitu Desa Tawing Kecamatan Munjungan mendapatkan predikat juara I, Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek mendapatkan predikat juara II, Desa Dompyong Kecamatan Bendungan mendapatkan juara III, Desa Baruharjo Kecamatan Durenan mendapatkan predikat juara harapan I, Desa Suruh Kecamatan Suruh mendapatkan predikat juara harapan II, Desa Pringapus Kecamatan Dongko mendapatkan predikat juara harapan III, sedangkan Poskamling yang mendapatkan predikat kategori inovatif diberikan kepada Desa Pogalan Kecamatan Pogalan. Hadiah beserta trofi dan piagam penghargaan diberikan kepada Kaposkamling yang mendapat juara oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S,S.I.K.,M.H., serta perwakilan Forkopimda Kabupaten Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit mengatakan, lomba Siskamling tingkat Kabupaten ini merupakan upaya dari Polres Trenggalek untuk meningkatkan keamanan lingkungan menjelang Natal, tahun baru 2018, serta menjelang Pilkada serentak tahun depan. Tidak hanya pihak kepolisian yang dituntut untuk menjaga keamanan, tetapi masyarakat juga terlibat dalam menciptakan suasana damai dan tentram di lingkungan masing – masing.

“Peran serta masyarakat memang sangat penting, apalagi banyak kasus-kasus kejahatan di desa atau kelurahan. Sehingga, dengan adanya lomba Poskamling ini, warga desa bisa menghidupkan kembali tradisi siskamling saat malam hari,” tuturnya.

Menurut AKBP Didit, pemberian hadiah, trofi, dan piagam penghargaan tersebut bertujuan memotivasi seluruh desa yang ada di Kabupaten Trenggalek, agar selalu mengaktifkan Siskamling. Diharapkan bagi desa yang memenangkan lomba Poskamling ini agar terus menjaga keamanan desanya dengan cara menggiatkan Siskamling. Sementara itu bagi desa yang belum memenangkan lomba Poskamling agar lebih meningkatkan giat siskamlingnya, karena akan ada kesempatan  untuk mengikuti lomba Poskamling yang  akan datang.

“Saya ucapkan selamat, semoga apa yang diraih saat ini dapat dipertahankan, untuk yang belum berhasil, teruslah berjuang agar menjadi yang terbaik di masa yang akan datang” tutup Perwira alumni Akpol tahun 2000 ini.

Senada dengan yang disampaikan AKBP Didit, Kasabinmas Polres Trenggalek AKP Suyono,S.H.,M.Hum. mengungkapkan bahwa lomba Pos Kamling se-Kabupaten Trenggalek ini tidak lepas dari tingkat kejahatan semakin hari semakin meningkat. Sementara keamanan menjadi tanggung jawab bersama. Poskamling menciptakan keamanan juga menjadi ajang berbaur bersama warga dan berdiskusi. Langkah tersebut sangat efektif guna mengetahui keadaan warga yang sesungguhnya. Ada banyak masukan dan keluhan. Warga otomatis terlibat langsung bersama-sama memikirkan solusinya.

“Jadi, perlu peran aktif dari masyarakat setempat dengan pemberdayaan Poskamling. Tidak hanya menjaga keamanan saja, berkat Poskamling juga menggalakkan kebersamaan antar warga yang beragam profesi sekaligus menjaring aspirasi. Lomba ini sebagai langkah awal untuk lebih menggalakkan keberadaan Poskamling di masyarakat” jelasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password