Tokoh Agama Sintang Dukung Polri Dan Turut Serta Pelihara Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2018

Tribratanews.Polri.go.id-Polda Kalbar-Polres Sintang, Berbagai kegiatan secara berkesinambungan terus dilakukan Kepolisian Resor Sintang dalam upaya memelihara situasi kamtibmas yang kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang puncak kegiatannya (pungut dan hitung suara) akan dihelat pada 27 Juni 2018 mendatang.

Menyikapi hal tersebut Kasat Intelkam Polres Sintang menyebar unit di fungsinya untuk melakukan pengalangan ke berbagai pihak seperti yang dilaksanakan pada Jum’at (15/12) pukul 08.30 wib, Aiptu Eko Budi Purwanto Kanit III Sat Intelkam dan Aipda Sutino Kanit I Sat Intelkam Polres Sintang berkunjung ke kediaman Bapak H. Endang Syamsudin di jl. Lintas Melawi Kelurahan Ladang. Beliau merupakan tokoh agama Islam yang notabene adalah juga Ketua II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sintang, Jumat (15/12/2017)

Kegiatan berkunjung tersebut dimaksudkan untuk bersilaturahmi agar jalinan komunikasi lebih intensif dan terjaga, antara Polres Sintang dengan tokoh agama maupun pengurus organisasi keagamaan di kabupaten Sintang.

“Mohon bantuan dan peran serta Pak Haji Endang selaku tokoh muslim di kabupaten Sintang ini, agar disampaikan kepada umat / masyarakat bahwa dalam rangka memelihara situasi kamtibmas yang kondusif hendaknya masyarakat jangan mudah percaya apabila mendengar isu isu SARA. apalagi menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang akan datang”, tutur Aipda Sutino.

Hal senada juga katakan Kasat Intelkam Polres Sintang terkait menyikapi pelaksanaan Pemilukada yang ada selama ini dibeberapa daerah yang ada di Kalbar.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam beberapa kali perhelatan Politik, baik di tingkat Kabupaten, Propinsi maupun Nasional selalu saja ada isu SARA yang berkembang ditengah masyarakat namun sumbernya tidak jelas. Sehingga jika tidak diantisipasi oleh seluruh elemen masyarakat sejak dini, dikhawatirkan akan menimbulkan konflik dimasyarakat sehingga situasi menjadi tidak kondusif,”jelas Akp Wiwin

Sementara itu H. Endang menanggapi positif apa yang dilakukan oleh Polres Sintang dengan mendatangi para tokoh yang ada di Kabupaten Sintang, karena menurutnya itu merupakan bukti nyata kebersamaan antara aparat Pemerintah (Polri) dan masyarakat dalam menjaga dan memelihara situasi Kantibmas baik di Kabupaten Sintang.

“Terima kasih atas kunjungan dan silaturahminya, Inshaa Allah kami baik sebagai pribadi maupun selaku pengurus MUI akan menyampaikan kepada umat dan mengajak masyarakat untuk berperan serta bersama Kepolisian dalam upaya memelihara suasana yang kondusif”, pukas H. Endang Syamsudin menanggapi.

Penulis : Tino
Editor : Alfian.N/Nanang P.
Publish : Hariyanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password