Deklarasi Bersama Menciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif dalam Rakor Ops Lilin 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Sebagai persiapan awal pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Polres Banyuwangi menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan Ops Lilin Semeru 2017, serta deklarasi kesepakatan  bersama menjaga situasi Kamtibmas Kabupaten Banyuwangi yang kondusif, damai dan aman dalam rangka perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018,  Jumat (15/12)

Dalam Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Banyuwangi, dihadiri oleh Wakapolres Banyuwangi, para pejabat utama Polres Banyuwangi dan Kapolsek jajaran Polres Banyuwangi. Kegiatan tersebut juga melibatkan unsur pemerintah kabupaten Banyuwangi yaitu Kodim 0825, Danlanal Banyuwangi, Ka Induk PJR Jatim V Banyuwangi, Sub Denpom Banyuwangi, Dinas Perhubungan, DLLAJ, Dinas Kesehatan, Satpol PP,  Dinas PU Banyuwangi, PT ASDP Ketapang, PT. Pelindo III,   Dinas Pemadam Kebakaran Banyuwangi, Syahbandar Ketapang, PLN Banyuwangi, PMI, BMKG Banyuwangi, Kemenag Banyuwangi, Perum Perhutani Banyuwangi, Barat, Utara dan Selatan, dan Depo Pertamina.  Sedangkan dari Ormas dan organisasi kepemudaan turut hadir MUI Kabupaten Banyuwangi, Muhammadiyah, NU, GP Ansor, Banser, Pemuda Gereja, FPI, Tokoh Katholik, Tokoh  Tridharma (Khonghuchu), Senkom.

Kapolres Banyuwangi yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Ops lilin 2017 yang akan digelar serentak mulai tanggal 23 Desember 2017 hingga tanggal 2 Januari 2018 mendatang perlu adanya persiapan dan koordinasi pengamanan untuk mewujudkan situasi yang kondusif di tegah-tengah masyarakat yang melibatkan seluruh unsur Pemerintahan, Ormas dan organisasi keagamaan/kepemudaan  guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif pada saat pelaksanaannya nanti.

“Keguyuban, kebersamaan dan peran serta dari semua pihak baik aparatur keamanan, dinas terkait, Ormas, orrganisasi keagamaan/kepemudaan serta semua stake holder sangat diperukan dalam pelaksanaan pengamananan natal dan tahun baru 2018, demi terciptanya rasa aman dan nyaman serta mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Banyuwangi, “ tutur Kapolres Banyuwangi.

AKBP Donny menyampaikan bahwa Polres Banyuwangi akan secara maksimal melakukan pengamanan natal dan tahun baru terutama di pelab34f8719a-454e-4f6c-ba03-f799adb8029buhan penyeberangan ASDP Ketapang karena diana merupakan potret kondisi nasional.

Di kesempatan yang sama Kasatlantas AKP Ris Andrian Yudo Nugroho., S.H., S.I.K., memaparkan Polres Banyuwangi menggelar 12 (duabelas) pos pengamanan, 5 (lima) pos wisata atau pos pelayanan akan didirikan dalam pelaksanaan Ops lilin nanti yang tersebar di wilayah Kabupaten Banyuwangi yaitu Pos pengamanan terbagi pos Pam Wongsorejo, pos Pam Watudodol, pos Pam Ketapang, pos Pam Stasiun Banyuwnagi baru, pos Pam Farly, pos Pam Kota/Depan Masjid Baturrahman Banyuwangi, pos Pam Rogojampi, pos Pam Srono, pos Pam Gambiran, pos Pam Genteng, pos Pam Kalibaru, dan pos Pam Ketapang. Sedangkan lima pos Pam Wisata antara lain  di Pemandian dan kolam renang Taman Suruh, di Wana Wisata Gunung Ijen, di lokasi Wisata Pantai Bedul, di lokasi Wisata Pantai Blimbingsari dan di  Pulau Merah.

Sementara untuk di kota Banyuwangi sendiri pada saat malam pergantian tahun direncanakan akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas dibeberapa ruas jalan yanng ada di Banyuwangi khususnya diseputaran lapangan Blambangan mengingat untuk kegiatan puncak tahun baru 2018 akan di tempatkan di lapangan Blambangan Banyuwangi.

Sementara itu untuk sarana dan prasana kendaraan yang akan disiagakan di Pospam dan Posyan yaitu ambulan dan mobil patroli.

Diakhir kegiatan Kabagops Kompol Samsudin., S.H. mengatakan perlunya diantisipasi terhadap ancaman terorisme baik itu pada perayaan natal ataupun pada saat puncak tahun baru dan kami dari pihak kepolisian yang dibantu dari unsur pemerintahan serta TNI akan bekerja keras menjaga situasi untuk tetap aman kondusif, mari kita bersama-sama ciptakan masyarakat yang aman damai dalam pelaksanaannya nanti.

Penulis : S. Bakti / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : S. Bakti

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password