Polisi Mediasi Penyelesaian Kasus Penganiayaan, Perayaan Natal Jadi Momen Saling Memaafkan

Tribratanews.polri.go.id Polres Jayapura – Kepolisian Sektor Sentani Kota melakukan mediasi penyelesaian kasus penganiayaan antara masyarakat kampung Hobong dan masyarakat kampung Ifar Besar yang terjadi pada hari Kamis (14/12) lalu bertempat di ruang Binmas Mapolsek Sentani Kota, Jumat (15/12/2017).

Hadir dalam mediasi tersebut diantaranya Kasat Intelkam Polres Jayapura Iptu Budi Santoso. S.Sos, Kanit Reskrim Polsek Sentani Kota Ipda Aan Anwas. SH, Personil Binmas Bripka Engel Mayor, Korban Penganiayaan, Kepala Kampung Hobong Syors Sokoy beserta keluarga dan pihak masyarakat kampung Ifar Besar sebanyak 6 orang.

Kejadian tersebut terjadi di kampung Ifar Besar pada tanggal 14 Desember 2017, dimana kedua korban JK dan TA sedang minum minuman keras sambil bercerita dan tertawa keras, kemudian datang masyarakat Ifar Besar marah kepada serta melakukan pemukulan.

Penyampaian Kasat Intelkam Polres Jayapura Iptu Budi Santoso. S.Sos bahwa kampung Hobong dan kampung Ifar Besar adalah satu keluarga, apalagi masyarakat akan merayakan hari besar Natal dan inilah hadiah besar buat saling memaafkan yang merupakan hari Damai dan Kasih Sayang.

Lanjut Kasat Intelkam, pihaknya sebagai aparat keamanan tidak memihak salah satu dari kedua pihak dan berharap kasus ini bisa diselesaikan dengan kekeluargaan dan saling memaafkan karena semua adalah keluarga.

“Saudara-saudara seharusnya harus saling intropeksi diri. Semua sama-sama ada kesalahan, yang dari Hobong kesalahan adalah miras dan mabuk dikampung orang dan yang masyarakat kampung Ifar Besar kesalahannya adalah main hakim sendiri. Jadi saran saya lebih baik saling memaafkan kerena masih ada hubungan keluarga,” ucap Bripka Angel Mayor.

Penyampaian Kepala Kampung Hobong Bapak Syors Sokoy bahwa saya menghargai sekali penyampaian dari pihak kepolisian yang mengubah akan perdamaian diantara masyarakat hobong dan ifar besar.

Sementara itu, Syors Sokoy selaku kepala kampung sudah menyampaikan kepada pihak korban agar membuka ruang perdamaian karena masih keluarga dan keputusan terakhir adalah kasus ini telah berdamai antara kedua belah pihak. Dirinya juga memohon pihak Kepolisian untuk membuat surat pernyataan yang mengikat kedua belah pihak agar berdamai.

Semua pihak menyetujui penyampaikan kepala kampung Hobong dan bersedia dibuatkan surat pernyataan kesepakatan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk saling memaafkan dan berdamai tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Penulis: Andi/Guntur

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password