Personel Polda Bali ikuti Penyuluhan tentang UU. No. 39 Tahun 1999 dan Perkap Nomor 1 Tahun 2009

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali melaksanakan penyuluhan hukum undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia dan peraturan Kapolri nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian, bertempat di Gedung Rupatama Polda Bali, Kamis, 14/12.

Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat Negara yang bertugas dan berfungsi untuk memelihara Kamtibmas, penegak hukum, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang juga mempunyai kewajiban untuk menghormati harkat martabat dan Ham setiap orang.

Oleh karena itu setiap anggota Polri khususnya anggota Polda Bali perlu terus dilatih dan selalu diberikan penyuluhan baik mengenai Hak Asasi Manusia serta tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian, untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran yang bisa saja dilakukan oleh anggota Polri dalam menjalankan tugas dilapangan.

Kegiatan ini juga dimagsudkan agar anggota Polri dalam melaksanakan tugas, yang sering dihadapkan pada situasi dan kondisi atau permasalahan yang mendesak untuk tetap mengikuti Perkap Nomor 1 Tahun 2009.

Sehingga dengan dilaksanakannya penyuluhan ini anggota Polri dapat menjalankan tugas tanpa bertentangan dengan aturan hukum, dan tetap menghormati atau menjungjung tinggi hak asasi manusia.

Kegiatan Penyuluhan tentang UU. No. 39 Tahun 1999 dan Perkap Nomor 1 Tahun 2009 dibuka oleh Kepala Bidang Hukum Polda Bali Kombes Pol. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M. Hum, yang dihadiri dari masing-masing Satuan kerja Polda Bali dan perwakilan dari anggota Polres se-Bali.

Kabidkum Polda Bali dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan menindak lanjuti perintah dari Kapolda Bali untuk terus melatih anggota Polda Bali yang bertugas dibagian operasional, untuk melatih fisik dan juga kemampuan intelektualnya.

“Sehingga selalu siap dalam mejalankan tugas sesuai dengan undang-undang dengan tetap menjungjung Hak Asasi Manusia.”

Penulis ; Gede Indra

Editor   : Swanjaya

Publish : Christian Udayana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password