Prestasi Membanggakan, Pelayanan SKCK Polres Banyuwangi Tembus Peringkat 3 Nasional

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Luar biasa, kata itulah yang terucap pertama kali saat mengetahui prestasi Kepolisian yang berada di ujung timur pulau Jawa ini. Bagaimana tidak, posisinya yang berada di pesisir tidak membuat jajaran Polres Banyuwangi berkecil hati, bahkan dengan penuh semangat berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam bidang pelayanan publik.

Berdasarkan rangking Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2017 yang dirilis Mabes Polri  menyatakan bahwa pelayanan SKCK Polres Banyuwangi menempati posisi ke 3 Nasional sebesar 83,72%. Terpaut sedikit dengan Polres Muna 85,14% dan Pelabuhan Makasar 86,51%. Dibawah Polres Banyuwangi ada Polres Barito Utara dan Polres Bangli dan 28 Polres lainnya se-Indonesia.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. menuturkan, keberhasilan jajarannya itu tak lepas dari komitmen Polres Banyuwangi untuk terus meningkatkan sektor pelayanan publik.

“Komitmen ini yang terus dipegang teguh oleh Polres Banyuwangi. Dan prestasi ini hendaknya menjadi pelecut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat” ucap AKBP Donny.

c7104a3d-108a-4d28-b4bd-f9dd7915e1afMasih kata AKBP Donny, selain berbasis teknologi yang modern (online), pelayanan SKCK tidak hanya terpusat di Mapolres Banyuwangi saja namun juga ditempatkan pada pusat keramaian sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan Kepolisian bisa lebih mudah terlayani.

Uniknya, hampir semua pelayanan kepolisian yang biasanya hanya dilakukan di kantor polisi, bisa dilayani di lokasi tersebut. Ruang pelayanan yang representatif dengan dominasi warna biru, dipandu oleh para Polwan cantik dan ramah akan membuat betah siapapun yang berkunjung.

“Jadi, kita punya Pos Pelayanan Terpadu yang ditempatkan di salah satu mall terbesar di Banyuwangi. Semua pelayanan bisa dilakukan di satu tempat. Mulai dari Perpanjangan SKCK, perpanjangan SIM hingga pembayaran pajak kendaraan dan pelayanan kepolisian lainnya” jelasnya.

67c5c1b5-3cc1-405d-ad16-9d3cea181115Terlepas dari inovasi tersebut, AKBP Donny sangat mengapresiasi prestasi yang berhasil ditorehkan jajarannya. Ia pun telah menyiapkan penghargaan khusus bagi anggotanya yang secara nyata telah berkontribusi positif membangun dan membesarkan Polres Banyuwangi khususnya dalam bidang pelayanan SKCK.

“Sangat membanggakan dan ini membuktikan bahwa militansi dan totalitas anggota Polres Banyuwangi dalam bekerja sangat luar biasa. Saya harap kedepan, prestasi lainnya akan terus bertambah. Bukan saja untuk Polres Banyuwangi namun demi masyarakat kabupaten Banyuwangi secara luas” pungkas AKBP Donny.

Penulis : Ady
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password