Diduga Kecewa Hasil Sertijab, Kakak Beradik di Tagulandang Nekat Rusak Rumah Ibadah

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kakak beradik yang tercatat sebagai warga Kampung Tulusan Lindongan II Kecamatan Tagulandang Sitaro, melakukan aksi tak terpuji dengan membuat kerusakan pada pintu depan Gereja GMIST Jemaat Tumbula Zaitun Tulusan.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (13/11.2017) sekira pukul 17.30 Wita.

Tidak hanya itu, Kedua lelaki yakni RW alias Ridwan (42) dan ZK alias Zakeus (48) juga melakukan pengrusakan pintu depan rumah milik keluarga Sawori-Lalisang.

Menurut keterangan saksi Elfrits Manoppo (50) sekira pukul 17.00 Wita, ia melaksanakan kegiatan Ibadah di rumah Keluarga Manoppo – Sasombo yang lokasinya berjarak kurang lebih 10 meter dari Gedung GMIST Jemaat Tumbalu Zaitun Tulusan.

Saat pelaksanaan Ibadah berlangsung saksi melihat pelaku yang sudah dalam kondisi mabuk menuju Gedung GMIST Jemaat Tumbalu Zaitun Tulusan dengan membawa 1 buah pipa besi dan langsung memukul pintu depan Gedung GMIST Jemaat Tumbalu Zaitun Tulusan yang terbuat dari kaca.

Tindakannya tersebut mengakibatkan pintu depan kaca pecah, bersamaan dengan itu datang ZK dan melempari batu ke arah pintu Gereja.

Beberapa menit kemudian lelaki RK menuju rumah Keluarga Sawori – Lalisang yang saat itu dalam kondisi kosong dan terdengar oleh saksi suara pecahan kaca.

Personil Polsek Tagulandang yang menerima informasi tersebut langsung menuju TKP dan langsung mengamankan para pelaku ke Mapolsek Tagulandang.

Kapolsek Tagulandang AKP Luther Tadung membenarkan hal tersebut. “Kejadian tersebut mengakibatkan kaca pintu depan Gedung GMIST Jemaat Tumbalu Zaitun Tulusan pecah yang ditaksir kerugian material sekira Rp. 60 juta dan pecahnya kaca depan rumah Sawori – Lalisang ditaksir kerugian material sebesar Rp. 1 juta,” jelas Kapolsek.

Diduga motif pengrusakan yang dilakukan oleh kedua tersangka adalah sebagai bentuk kekecewaan atas Badan Pekerja SINODE GMIST melaksanakan sertijab Ketua Jemaat Tumbalu Zaitun Tulusan sesuai SK Sinode GMIST yang diterbitkan sejak bulan Juli 2017.

“Kedua tersangka sudah diamankan di Polsek Tagulandang,” pungkas Kapolsek

Penulis: Humas Polres Sangihe
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password