Polres Tanggamus Lampung Sosialisasi MOU Pengawasan Dana Desa di Pringsewu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si, Wakapolres Kompol M.Budhi Setyadi, S.Ik. MM, menghadiri sosialisasi tindak lanjut Nota Kesepahaman (Mou) Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementrian Dalam Negeri dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang pencegahan, pengawasan, penanganan permasalahan dana desa di Aula Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Kamis (9/12/17).

Sosialisasi diikuti jajaran Pemkab Pringsewu, Kacabjari Pringsewu, koordinator pengawas APD Prov Lampung Jhon Z Nasaputra, Sekda Pringsewu Dra. A.Budiman, Kasat Binmas AKP Joko Saryanto, para Kapolsek di kabupaten Pringsewu, para camat, para bhayangkara pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta kepala pekon dan lurah se Kabupaten Pringsewu ini menghadirkan narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu, Hi. Sujadi saat menyampaikan sambutan mengatakan pada era keterbukaan, transparansi keuangan pekon menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintahan pekon, dan masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui serta berpartisipasi dalam pembangunan pekon, sehingga dana desa yang telah digelontorkan ke pekon, benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk mewujudkan pengelolaan dana desa yang efektif, efisien, dan akuntabel, perlu kerjasama yang sinergis diantara pihak, baik pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan dana desa atau pekon,” kata Hi. Sujadi.

Waka Polres, Kompol M. Budhi Setyadi dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa guna menindaklanjuti hal tersebut maka kegiatan sosialisasi ini sangat penting diselenggarakan mengingat para bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri yang berada di desa dapat memahami secara utuh tugas dan kewenangannya dalam melakukan pengawalan dan pengawasan dana desa untuk bersinergi bersama-sama dengan aparat desa beserta instansi lain dalam penggunaan.

“Untuk itu saya berharap melalui kegiatan agar kepada Kapolsek, Kasat Reskrim sampai kepada para pekerja penyebar jajaran Polres Tanggamus khususnya wilayah kabupaten Pringsewu agar benar-benar memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam mengawal dan mengawasi pengelolaan dana desa yang telah diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah Desa yang ada di wilayah masing-masing”, jelas Kompol M.Budhi Setyadi.

Sambungnya, menurut data yang ada pemerintah pusat telah menyalurkan dana desa pada tahun 2017 sebesar 20 T provinsi Lampung mendapatkan 1,9 diberikan kepada 13 kabupaten, 2435 Desa dana sebesar ini harus dapat di pertanggung jawabkan oleh para kepala desa/pekon yang menerima.

“kita sebagai anggota Polri wajib mengawasi pengelolaan dana desa tersebut, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini para peserta paham tentang prosedur pengelolaan Dana Desa sehingga tidak terjadi penyalahgunaan oleh aparat pemerintah Desa”, tegasnya.

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password