Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Sampaikan Pesan Kamtibmas Saat Sidang Sanksi Adat

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Saat hadiri rapat sidang penentuan sanksi adat yang dijatuhkan pada salah satu warga di desa binaannya, Bhabinkamtibmas desa Siaga BRIGADIR Rio Nicolas sampaikan pesan-pesan Kamtibmas terkait pentingnya hidup berdampingan secara rukun dan saling menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar tempat tinggal (09/11/2017).

Bertempat di aula Kantor Desa Siaga kegiatan rapat sidang adat untuk memutuskan sanksi adat kepada salah satu warga desa Siaga Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang yang beberapa waktu lalu sempat bertengkar dengan tetangganya yang nyaris terjadi penganiayaan.

Rapat sidang adat yang di hadiri oleh Sekdes desa Siaga bapak Boni beserta staf, Ketua dan pengurus adat desa Siaga, Kedua belah pihak yang berperkara (yang akan disidangkan), Bhabinkamtibmas desa Siaga BRIGADIR Rio Nicolas, pihak keluarga dari kedua belah pihak yang berperkara.

Rapat sidang adat yang di pimpin oleh Sekdes dan pengurus adat desa berlangsung tertib, dalam kesempatan tersebut BRIGADIR Rio Nicolas menyampaikan himbauan / pesan-pesan Kamtibmas kepada warga yang hadir saat itu.

“Pentingnya kita hidup rukun antar sesama tetangga di sekitar tempat tinggal kita tentunya akan memberikan kebahagiaan dan keuntungan tersendiri bagi kita, salah satu contoh apabila kita sakit dan memerlukan pertolongan tetangga maka apabila sebelumnya kita telah hidup rukun maka tetangga akan mau dan segera menolong kita baik dalam hal tenaga maupun lainnya selama tidak memberatkan”. Jelas BRIGADIR Rio Nicolas dihadapan para warga yang hadir dalam rapat sidang adat tersebut.

Sementara saat di konfirmasi, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa kejadian pertengkaran tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi apabila saling menghormati antar tetangga, syukurnya masalah ini telah didamaikan dan saat ini hanya tinggal sidang adat untuk memutuskan sanksi adat kepada para pihak yang terkait.

“BRIGADIR Rio Nicolas hadir dalam kegiatan tersebut untuk memastikan bahwa penetapan sanksi adat berjalan baik dan lancar, kita juga mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat rapat sidang adat berlangsung”. Jelas IPTU Rismanto Ginting, SH saat ditemui di ruang kerjanya.

Kegiatan rapat sidang adat berlangsung tertib, sanksi adat yang dijatuhkan pada pihak-pihak terkait telah di terima dan disetujui untuk di bayar sesuai batas waktu yang telah disepakati bersama.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password