Masalah Tabal Batas, Warga 2 Kelurahan di Ternate Bentrok

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kisruh tapal batas dua Kelurahan yakni Kelurahan Tarau, Kecamatan Ternate Utara dan Kelurahan Kulaba Kecamatan Kota Ternate Barat Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali pecah, Sabtu (4/11/2017) malam ini.

Permasalahan tapal batas yang terjadi pada dua Kecamatan ini, terjadi di perbatasan antara Kelurahan Kulaba dan Kelurahan Tarau.

Camat Ternate Barat, Ishak Hodu mengatakan, untuk pemicu terjadinya permasalahan tapal batas di dua Kelurahan ini, dirinya tidak mengetahui secara pasti, namun pada seore tadi pihaknya bersama Camat Ternate Utara dan Pihak Kelurahan serta tokoh agama pada dua Kelurahan telah melakukan mediasi.

“Hasil dari mediasi sore tadi, sesuai hasil kesepakatan akan kita bahas pada hari Senin nanti dengan Kabag Pemerintahan Pemkot Ternate,” ungkap Camat Ternate Utara.

Dia juga mengakui, permasalahan tapal batas yang terjadi ini, memang merupakan permasalahan baru yang terjadi pada akhir Oktober kemarin.

“Sebelumnya tidak seperti ini, masalah ini baru terjadi akhir Oktober kemarin, dan kami dari pihak Kecamatan maupun Kelurahan telah melakukan koordinasi ke Bapeda,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Ternate AKBP Kamal Bahtiar S.ik mengatakan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, pihaknya menerjunkan dua pelaton personil gabungan dari Polres Ternate.

“Nanti juga ada penambahan personil dari Dalmas Polda Malut, bahkan kami juga menerjunkan dari seluruh fungsi karena memang situasi di sini sudah adu fisik.” akunya.

Menurut Kapolres, permasalahan tapal batas dua Kelurahan di Kecamatan Kota Ternate Barat dan Kecamatan Kota Ternate Utara ini, telah dilakukan mediasi yang di hadiri oleh dia Camat baik Ternate Barat mapun Ternate Utara dengan melibatkan pihak Kelurahan dan tokoh masyarakat pada dua Kelurahan.

“Kronologisnya, tadi masalah perbatasan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, makanya di sini (Kulaba) terpancing, yang pasti, inti permasalahannya ada pada pembentukan Kecamatan baru antara Kecamatan Ternate Utara dan Kecamatan Ternate Barat,” akunya

Disentil terkait dengan informasi korban dan barang bukti Senjata Tajam (Sajam) yang telah diamankan lanjut Kapolres, untuk barang bukti dan korban dalam insiden ini, hingga kini pihaknya masih belum bisa memastikan.

“Masih belum tau, sebab dari tadi kami masih disibukan dengan pembubaran masa,” tuturnya.

Kapolres, AKBP Kamal Bahtiar S.ik menghimbau, kepada dua Kelurahan yang ada baik Kelurahan Kulaba dan Tarau agar tetap menahan diri dan tidak terprovokasi dengan berbagai isue yang di buat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Jika ada oknum yang bisa membuat situasi berubah silahkan lapor ke kita biar kita tindaklanjuti.” pungkas Kapolres.

 

Penulis             : Wanto Tftt

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password