Polres Jayawijaya Amankan Penjual Lem Castol dan Fermiphan Tanpa Ijin

Tribratanews.polri.go.id Polres Jayawijaya, Wamena – Satuan Narkoba Polres Jayawijaya mengamankan seorang laki-laki berinisial SE (35) yang diduga menjual Lem Castol dan Fermiphan yang biasa disalah gunakan untuk dihirup oleh anak-anak aibon dan pembuatan minuman keras (Miras) di jalan Ahmad Yani, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Jumat (03/11/2017) siang.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba, SE, M.Si melalui Kasat Narkoba Iptu Anwar menerangkan, SE ditangkap karena sebelumnya pihaknya terlebih dahulu mengamankan pembuat Miras dan setelah dilakukan pengembangan, yang bersangkutan mengaku membeli bahan baku di saudara SE.

“Saat dilakukan penangkapan, kami berhasil mengamankan barang bukti di rumah SE berupa 3 (tiga) bungkus besar Fermiphan ukuran 500 gr yang merupakan bahan baku pembuatan miras lokal dan 16 (Enam belas) bal yang tiap bal berisi 24 bungkus ukuran 15 ccm lem Castol yang dijual untuk digunakan sebagai bahan psikotropika,” jelas Kasat.

Sebenarnya, Lanjut Iptu Anwar, tidak ada larangan dalam penjualan bahan tersebut, namun khusus di Wamena karena sering disalah gunakan, sehingga Pemda hanya memberikan ijin untuk menjual bahan tersebut ke beberapa toko yang ada di Wamena.

“Kami masih berkoordinasi dengan dinas Perindagkop untuk mengecek ijin usaha SE, sebab dalam surat ijinnya tidak ada penjualan Fermiphan dan lem Castol. Namun saat ini, yang bersangkutan kami amankan di Polres Jayawijaya untuk diberikan peringatan serta membuat surat pernyataan untuk tidak kembali menjual bahan tersebut,” imbuh Kasat Narkoba Polres Jayawijaya Iptu Anwar.

Penulis: Putu Denta

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password