Persiapan Penanggulangan Bencana, Polres Lampung Barat Gelar Apel Pasukan Ops Aman Nusa II Krakatau 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung/Polres Lampung Barat menggelar Apel Pasukan Operasi Aman Nusa II dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Lampung Barat dan Pesisir Barat Tahun 2017, di Lapangan Mapolres Lampung Barat di Ikuti peserta dari TNI dan Polri, Pol PP, Pemadam Kebakaran, Pramuka dan Tim Medis dari dinas kesehatan. pada Jumat 03/11/17 pukul 08.00 Wib.

Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Kepolisian Resor Lampung Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Tri Suhartanto,S.Ik. dalam sambutanya menyampaikan, Apel gelar pasukan operasi Aman Nusa II tahun 2017 yang kita laksanakan ini, bukan hanya sekedar kegiatan seremoni saja namun hendaknya dapat dijadikan sebagai langkah nyata sekaligus konsekuensi bagi kita sebagai aparatur negara.

WhatsApp Image 2017-11-03 at 09.57.43 (1)Menghadapi bencana alam di wilayah, bahwa wilayah kita ini terdiri dari pegunungan ,kemudian Pesisir Barat yang sangat berpotensi terjadinya bencana alam, kita tau bahwa bencana alam di tempat kita ini ,masuk dalam kategori tipe A.

Diantaranya yaitu bencana alah karena gempa bumi, benca alam karena tanah longsor, maupun bencana alam banjir, ini di perlukan kesiap siagaan diperlukan suatu kerja sama yang harmonis untuk mengantisipasi atau menanggulangi dari pada bencana alam tersebut,”Ucap Kapolres Lampung Barat.

WhatsApp Image 2017-11-03 at 09.57.45Untuk menghadapi tugas mulia dalam penegakan penangan bencana alam di Kabupaten Lampung Barat ini dan Pesisir Barat kami sampaikan kepada saudara bahwa siapa lagi kalau bukan kita seluruhnya.

adabeberapa yang harus kita lakukan bersama-sama, yang pertama kami berpesan kepada rekan sekalian siapkan fisik, untuk setiap saat apabila ada panggilan kemanusiaan melaksanakan penanggulangan bencana alam reka-rekan sudah siap,”terang Kapolres.

Marilah kita laksanakan sosialisasi kepada warga dan masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan, karena salah satu penyebab bencana alam adalah karena prilaku dan tindakan manusia sebagai contoh, bahwah wilayah kita ini terdiri dari hutan yang lebat gunung-gunung yang hijau tapi kita ketahuai sekarang ternyata yang kita kenal hijau sudah berkurang bayak ini potensi dari bencana alam, mari kita ajak saudara kita untuk menjaga lingkungan, karena jika tidak kita jaga maka alam tidak akan bersahabat dengan kita.

Kemudian berikutnya untuk menghadapi tugas mulai ini marilah kiata kerja sama antar instansi, komponen msyrakat supya sinergi,mari kita sama sama menyiapkan diri pada saat dan sesudah terjadinya bencabna alam, bersama sama membantu masyarakat,”jelas Kapolres.

WhatsApp Image 2017-11-03 at 09.57.43Diakhir amantnya Kapolres Lampung Barat  menekankan kepada peserta apel  untuk meningkatkan kesadaran kepedulian terhadap masyarakat yang tertimpa Musibah bencana, Lakukan deteksi dini dan pemetaan daerah rawan bencana agar mudah menyusun rencana dan kesiapan dalam penanggulangan bencana, Selalu dipelihara sarana dan prasarana resceu dan Tingkatkan SDM yang mengawakinya, Tindak Tegas pelaku yang merusak lingkungan, Koordinasi dengan stakeholder terkait dalam penanganan bencana.

Selesai apel gelar Pasukan, Kapolres dengan didampingi Waka Polres Kompol Sukandar,SH. dan Wakil Bupati Pesisir Barat Herlina SP.MH. berikut Fokorpimda Lampung Barat dan Pesisir Barat, serta BPBD melihat langsung sarana dan prasarana peserta apel.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Alfian Nurnas

Publis           : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password