Operasi Zebra Kieraha II, 80 Persen Adalah Penegakan Hukum

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Operazi Zebra tahun 2017 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk Polda Maluku Utara (Malut) selama 14 hari yang terhitung sejak kemarin, tanggal 1 hingga 14 November 2017 dalam menghadapi perayaan natal dan Tahun Baru melibatkan 250 personil.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Malut, AKBP Muji mengatakan, 25 personil yang dilibatkan dalam pengamanan operasi Zebra Kieraha 2017 ini sudah termasuk dengan jajaran Polres yang ada di wilayah Polda Malut.

“Operasi ini kita dibagi menjadi dua bagian, yakni 10 persen preemtif dan 10 persen preventif dan penegakan hukum 80 persen,” ungkapnya.

AKBP Muji mengaku, operasi yang dilaksanakan ini memang merupakan operasi rutin setiap tahunya dengan 3 sasaran yang menjadi prioritas, yakni pelanggaran yang berpotensi menyebebkan kecelakaan lalu lintas, pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran administrasi.

“3 sasaran itu yakni, lawan arus, kelengkapan kendaraan, ngebut, menerobos  trafightligh, dan larangan stop parkir serta kelengkapan surat-surat kendaraan,” tegasnya.

Dari 3 penindakan yang diprioritaskan itu kata Muji, juga dibagi menjadi dua yakni pola stasioner dan hantingsistem dengan meilbatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Militer (POM).

“Hanting sistem yang dimaksutkan itu, anggota akan melakukan penindakan dengan cara patroli, dan jika ada pelanggaran maka langsung di tindak,” tegasnya.

Sebagai Direktur Lalulintas Polda Malut, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat agar lengkapi dokumen kendaraan baik kelengkapan diri maupun kelengkapan kendaraan.

“Yang penting saya harap pada masyarakat untuk tidak takut dengan polisi, karena tugas polisi untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” pungkasnya

Penulis             : Dodik

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password