Wakapolda Papua Buka Pelaksanaan Sertifikasi Penyidik dan Penyidik Pembantu

Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua.- Wakil Kepala Kepolisian Darah Papua Brigjen Pol Drs Agus Rianto buka pelaksanaan kegiatan sertifikasi penyidik dan penyidik pembantu di aula rasta samara polda papua, rabu/1/11/2017/siang.

Pada kegiatan tersebut wakapolda papua membacakan amanat kapolda Papua Irjen pol Drs boy Rafli Amar MH., “pelaksanaan sertifikasi ini sangat di perlukan krn banyaknya perkara yang di tangani oleh penyidik mempunyai karakteristik berbeda dalam penangananya, sehingga klasifikasi kemampuan dapat di uji pada saat sertifikasi yg di laksanakan pada assesor guna menentukan kemampuan yg di miliki oleh setiap penyidik”.

Penyidik merupakan pekerjaan khusus yg terkait dgn sifat keahlian teknis,  maka penyidik berhak memperoleh kesempatan  untk meningkatkan kompetensi,  memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.  Di samping itu dari sisi kewajiban penyidik wajib memiliki kualifikasi akademik,  potensi,  sertifikat penyidik, sehat jasmani dan rohani,  serta memiliki kemampuan untk mewujudkan cita cita dari grand strategi polri dan program prioritas kapolri khususnya dalam bidang penegakan hukum.

WhatsApp Image 2017-11-01 at 11.01.26

Dengan tujuan agar para penyidik polri memiliki standar kompetensi yg jelas dan memiliki sertifikasi sebagai pengakuan profesi tugas penyidik untk terwujudnya supermasi hukum yg mencerminkan  rasa keadilan.

Dengan memperhatikan fakta Bahwa masih terdapat penyidik yg belum kompoten,  hal ini  menjadi perhatian untk para pembina fungsi teknis di bidang reskrim untk selalu memperbaiki kinerja penyidik khususnya dalam hal pembinaan personal,  dan peningkatan kemampuan penyidik,  pada pelaksanaan sertifikasi penyidik ini di harapkan dapat mewujudkan penyidik yg kompoten,  profesional,  dan proporsional.

WhatsApp Image 2017-11-01 at 11.01.29

Sebelum mengakhiri sambutan ini ada beberapa penekanan kepada para peserta sertifikasi :

  1. Ikuti dan pahami uji kompetensi ini untk di pedomani dan di laksanakan secara konsisten dan konsekuen.
  1. Tunjukan keseriusan bahwa tujuan sertifikasi kepada penyidik dan penyidik pembantu di tempat kerja masing-masing ini, guna dapat terwujudnya perubahan perilaku dan bertindak secara proyek, modern dan terpcaya.
  1. Ikuti arahan assesor pada saat pelatihan dan pengujian sehingga dapat memudahkan cara berfikir para penyidik dalam menyelesaikan ujian kompetensi di maksud.

Penulis : Vickhy Merani

Editor : Alfian Nur

Publish : Vickhy Merani

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password