Amankan Tanaman Ganja, Calon Pengacara Masuk Daftar DPO Polda Malut

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) melalui Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) berhasil mengamankan 2 tersangka terduga pengedar narkoba golongan satu berjenis ganja yang di edarkan di wilayah hukum Polda Malut.

Dua terduga tersangka yang diamankan tersebut masing-masing, inisial N alias Gepeng dan Qumar Myrdal alias Qumar yang berhasil kabur dan telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Malut karena melarikan diri saat di grebek.

Direktur Reserse Narkoba (Dirnarkoba) Polda Malut, AKBP Mirzal Ali yang didampingi Kabid Humas, AKBP Hendry Badar saat melakukan press release di Mapolda Malut mengatakan, penangkapan terhadap para terduga bandar narkoba yakni N alias Gepeng ini merupakan hasil laporan dari masyarakat yang di tindak lanjut anggota dengan melakukan kegiatan surverfilence (penyamaran dan pemantauan) oleh tim operasional Ditresnarkoba Polda Malut.

Lanjut Dirnarkoba, tersangka Gepeng ini diringkus di kediamannya yang bertempat di Kelurahan Maliaro Kecamatan Kota Ternate Tengah dan saat melakukan pengeledahan, anggota berhasil menemukan barang bukti berupa, 23 ampel kecil ganja kering dengan berat 21.30 gram dan 1 Hp Samsung.

“Setelalah kita introgasi terhadap tersangka Gepeng, Gepeng mengakui bahwa ganja tersebut dibeli dari seseorang yang berinisial Qumar,” ungkap AKBP Mirzal seraya menyampaikan bahwa Qumar merupakan calon pengacara.

AKBP Mirzal menambahkan, setelah mendapat informasi asal muasal ganja yang di duga diedarkan oleh Qumar sebagai calon pengacara tersebut, anggota langsung melakukan pengembangan dan pengledahan di kediaman terduga tersangka Qumar yang berlokasi di Kelurahan Moya Kec. Kota Ternate Tengah, namun tersangka terlebih dahulu melarikan diri.

“Dari pengledahan rumah tersangka, anggota berhasil mengamankan barang bukti berupa, 2 sachet kecil ganja dengan berat 1.15 Gram dan 12 bibit pohon tanaman ganja yang saat ini sudah kita amankan,” akunya.

Tak hanya di rumah tersangka DPO sebab, setelah melakukan pengembangan lanjutan di rumah orang tua DPO, anggota kembali mengamankan barang bukti lainya berupa, 1 sachet sedang berisi biji ganja dengan berat 0,45 Gram, 2 pack kertas marsbrend, 6 pack plastik sachet ukuran kecil, 5 sachet plastik ukuran besar dan 1 pack plastik ukuran sedang.

“Tersangka saat ini masih terus kita lakukan pencarian,” tegasnya lagi.

Dirnarkoba Polda Malut AKBP Mirzal kembali menegaskan, untuk tersangka N alias Gepeng dikenakan pasal 111 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf a. UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

“Kalau untuk Qumar yang berstatus DPO, kita jerat dengan pasal, 111 ayat (1), pasal 114 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkasnya

Penulis            : Mandala

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala Putra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password