Sambangi Pelabuhan, Polair Jepara Imbau Nelayan dan Nahkoda Jaga Keselamatan

IMG-20170114-WA0052 IMG-20170114-WA0050Tribratanews.polri.go.id – JEPARA – Satuan Polisi Perairan Polres Jepara Polda Jateng melaksanakan patroli dialogis pembinaan dan penyuluhan di pelabuhan penyeberangan Kartini Jepara, Sabtu (14-01-2017). Anggota Polair melakukan pemantauan pemuatan barang ke dalam kapal serta pembinaan kepada pedagang agar tidak mengirim barang-barang ilegal atau yang dilarang undang-undang dan memberikan imbauan agar tidak melebihi batas muatan.

“Kegiatan yang kami lakukan dengan memberi imbauan guna mengantisipasi kecelakaan yang terjadi di perairan Jepara dan penyelundupan barang berbahaya atau ilegal melalui jalur laut,” terang Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin SIK MH melalui Kasat Polair AKP Hendrik Irawan SH.

Kasat Polair menambahkan, bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian Sat Polair Polres Jepara akan keselamatan bagi pedagang atau masyarakat yang mengunakan kapal sebagai sarana transportasi laut.

Selain itu, kami melaksanakan kegiatan Binluh/sosialisasi tentang peraturan-peraturan yang ada diperairan Indonesia kepada para nelayan kapal perikanan serta tentang keselamatan-keselamatan kapal. Hal ini guna mencegah terjadinya kecelakaan laut serta meminimalisir pelanggaran kapal dan atau kapal bisa laik laut sesuai aturan yang ada.

“Apalagi ABK kapal sangat minim sekali dengan pengetahuan tentang undang-undang yang ada diperairan, terutama kapal-kapal perikanan yang mana keahlian/kecakapan kapal sangat minim. Kami juga mengadakan tanya jawab dengan nelayan mengenai peraturan atau undang-undang di perairan Indonesia, harapan saya para nelayan bisa melek hukum serta bisa mencegah terjadinya kecelakaan laut,” imbuhnya.

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password