Bhabinkamtibmas Dampingi Penyelesaian Adat

259B43A6-4862-43F3-9560-BD66CCD71108

Tribratanews.polri.go.id-Polda Kalbar-Polres Sintang- Polsek Tempunak Bhabinkamtibmas Desa mangkurat baru Brigadir Sumani bertempat di Kantor Desa Mangkurat Baru, menghadiri penyelesaian adat di desa binaannya, Sabtu (21 /10/2017),Siang.

Penyelesaian sidang adat tersebut terkait dengan permasalahan antara Sdr. B. Akoi (pelapor) dengan Sdr. Marioni. Adapun yang menjadi permasalahan adalah adanya yg diduga tindakan ancaman yg dilakukan oleh Sdr. Mariono terhadap Sdr. B.Akoi.

Pada senin ( 16/10) sekira jam 16.00 wib sdr. Akoi pulang dari kebun lewat didepan Mariono, saat berpapasan dengan dirinya, dia melihat Mariono dan menyapanya tetapi Mariono merasa tertantang dan mengambil sebilah balok kayu kemudian menyuruh dirinya untuk pulang atau akan dipukul. Akoi kemudian pulang dan melaporkan kejadian tersebut ke adat desa untuk ditindak lanjuti.

Dari hasil kesepakatan adat didapat keputusan bahwa kedua belah pihak menerima hasil putusan sidang adat dan berjanji apabila dikemudian hari kedua belah pihak mengingkari kesepakatan ini akan diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Hadir dalam penyelesaian masalah tersebut Kades Mangkurat Baru M.Tri Yuliardi,Sekdes Nikodemus A.md,Ketua adat desa Bpk Liter,Kadus Sei Urat sdr. Rabuni,Ketua adat dusun Sei Urat Bpk Cemat. Tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dan keduanya saling minta maaf.

Kepala desa Mangkurat Baru M. Tri Yuliardi menyatakan terima kasih kepada bhabinkamtimas desa mangkurat baru karena telah ikut hadir dan mendampingi dalam penyelesaian adat tersebut.

Penulis : Khoirul Bazar
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password