Galian C di Karangasem Masih Buka, Ini Tanggapan Kapolda Bali!

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Pasca ditetapkannya status awas Gunung Agung oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), aktivitas penggalian pertambangan mineral bukan logam dan batuan (galian golongan C) di Kabupaten Karangasem ramai dibicarakan di media sosial. Masyarakat mengeluhkan lalu-lalang kendaraan truk pengangkut material galian C di Desa Selat, Karangasem.

Sejumlah pihak mengklaim aktivitas di galian C itu, tidak sejalan dengan imbauan pemerintah saat ini. Daerah yang berada di radius 9 sampai dengan 12 Kilometer dari kawah Gunung Agung dilarang ada aktivitas manusia, mengingat kondisi Gunung Agung masih berpotensi mengalami erupsi.

Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose angkat bicara terkait masalah ini. Jenderal bintang dua ini mengatakan, polisi bekerja maksimal dalam penanggulangan bencana Gunung Agung. Ini dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jika Gunung Agung mengalami erupsi.

Terkait aktivitas galian C, Kapolda menyampaikan sesuai permintaan dari Gubernur Bali, Made Mangku Pastika bahwa pembangunan di Bali harus tetap jalan. Namun galian C akan dilarang beroperasi jika keberadaannya membahayakan nyawa.

Untuk itu, pihaknya akan mengecek dan mendata kembali galian mana saja yang masih beroperasi di Kabupaten Karangasem. Hasil pengecekan itu, akan menjadi pertimbangan untuk menentukan keputusan yang tepat. Jika seluruh galian C di Karangasem harus ditutup, maka Kapolda akan mencari jalan alternatif di tempat lain.

“Saya perintahkan Kapolres untuk dicek lagi, didata lagi dan dilaporkan lagi. Sehingga saya bisa menentukan keputusan, kalaupun kita harus pending. Kita utamakan yang mana, pembangunan atau keselamatan. Kalau menurut saya, dua-duanya harus kita jaga. Kita meminimalisir daripada korban. Tapi kita juga, pembangunan di Bali ini jangan sampai juga berhenti,” kata Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose disela-sela kegiatan supervisi dan asistensi Asops Kapolri di Gedung Rupatama Polda Bali, Kamis (19/10/2017).

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password