Kapolres Ciamis Hadiri Penanaman Sejuta Pohon

Tribratanews.polri.go.id – Polres Ciamis, Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP NUGROHO ARIANTO, S.Ik.,M.H., menghadiri kegiatan penanaman  sejuta Pohon periode ke III dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 72 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan di Dsn. Taringgul Ds. Mandalare Kec. Panjalu Kab. Ciamis pada pukul 09.30 wib. Rabu (18/10/2017).

WhatsApp Image 2017-10-19 at 13.48.20

Penanaman pohon yang dihadiri oleh Bupati Ciamis (Drs H Iing Syam Arifin), Kasubdit Sumber Daya Air Dirjen PPMD Kemendes RI, Dandim 0613 Ciamis, Sekdis BPMPD Kab .Ciamis, Kasi Konsevasi Wilayah VI Tasikmalaya BBKSDA Jabar, Perwakilan BPH/Balai Pengelolaan Hutan Kab Ciamis, BBWS Citanduy, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kab.Ciamis, Camat Panjalu, Danramil 1306 Panjalu, Kapolsek Panjalu beserta anggota, Pasiter Kodim 0613 Ciamis, Batiter Kodim 0613 Ciamis, Kanit Binmas Polsek Panjalu, Kanit Intel Polsek Panjalu, Kades Mandalare, Perangkat Ds Mandalare, Kades Bahara, Toga, Tomas, Ibu PKK dan warga masyarakat dengan jumlah hadir 150 orang.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Forum Peduli Lingkungan Hidup Kab Ciamis, untuk kesempatan ini dilaksanakan secara simbolis dilanjutkan dengan penanaman sekitar 10.000 pohon jenis Gamelina, Alba, Alpukat. Mindri, Petai, dan Jambu Bol.

WhatsApp Image 2017-10-19 at 13.48.32

Penanaman sejuta pohon ini dalam rangka mewujudkan Kabupaten Konservasi yang bertujuan untuk Penyangga Sumber Air di Kab.Ciamis.

Sambutan Dandim 0613/Ciamis (Letkol Arm Reza Nur Patria M.Si (Han) menyampaikan “saya datang kesini mewakili Pangdam III/Slw, kegiatan ini tidak sukses tanpa keterlibatan semua pihak, mari kita pupuk kesadaran untuk menanam pohon”

Selanjutnya Kasubdit Sumber Daya Air Dirjen PPMD Kemendes RI (Drs Sofyan Johan) menyampaikan “saya sangat mendukung Program ini yang bertujuan mensejahterakan Desa, kedepan akan saya usulkan untuk Program Dana Desa untuk penanaman pohon”

Kemudian Staf Kementrian PUPERA/Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Bpk Martua/Ketua Penyelamat Air) menyampaikan “Air itu ada karena adanya Pohon, sudah banyak Hutan di Pulau Jawa yang sudah berubah fungsi, banyak di tanam Holtikultura, makanya di Pulau Jawa adalah Lumbung bencana, saya titip Desa Binaan supaya dimonitor agar kemakmuran lebih baik”

Sambutan Bupati Ciamis menyampaikan “Saya mencanangkan Kab Ciamis adalah Kabupaten Konservasi, Pelestarian air ini sebagai Program Penghijauan, kita rangking 5 rawan Bencana di Prov Jabar, Bos Jengkol itu asalnya dari Panjalu, saya menginginkan tanaman keras supaya ditanam disini, saya titip sepada masyarakat Bibit Pohon yang ditanam hari ini adalah untuk anak dan cucu kita, biarlah yang menebang anak dan cucu kita, Bumi ini adalah titipan bukan Warisan”

Penulis : Asri

Editor : Alfian

Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password