Peduli Pendidikan : Polres Fakfak Papua Barat Manfaatkan Kendaraan Dinas untuk Bus Sekolah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Papua Barat – Polres Fakfak – Pendidikan merupakan tiang penyangga utama masa depan bangsa Indonesia. Dengan pondasi pendidikan kuat dan didukung akhlak yang baik maka niscaya Indonesia mampu bersaing dan menjadi bangsa yang besar.

Untuk mencapainya bukan perkara mudah. Apalagi di wilayah Indonesia Timur khususnya Kabupaten Fakfak yang geografisnya didominasi oleh perbukitan dan pegunungan.

Di Kabupaten ini, kesadaran akan pentingnya pendidikan terbilang cukup tinggi. Hal tersebut tercermin dari aktivitas dipagi hari dimana banyak terlihat anak-anak atau pelajar berbondong-bondong menuju sekolah dengan mengendarai sepeda maupun berjalan kaki. Namun demikian bukan berarti tanpa masalah. Minimnya angkutan umum dan jarak tempuh yang jauh cukup mempengaruhi kegiatan belajar mengajar siswa. Tak jarang pelajar harus berangkat pagi buta agar tidak terlambat masuk sekolah.

Kapolres Fakfak, AKBP Gazali Ahmad, S.I.K., M.H menilai, harus ada upaya kongkrit membantu para pelajar agar mereka lebih nyaman atau setidaknya bisa lebih berkonsentrasi belajar tanpa harus memikirkan bagaimana pulang pergi dari rumah ke sekolah maupun sebaliknya.

Kepedulian seorang AKBP Gazali terhadap dunia pendidikan ini bukan tanpa sebab. Menurutnya, Polri memiliki ruang dan fasilitas untuk membantu meringankan beban pelajar sekaligus mendorong dunia pendidikan menjadi lebih maju.

Tidak sebatas berkata-kata, sebagai bukti kepeduliannya, orang nomor satu di jajaran Polres Fakfak inipun menyerahkan sebuah minibus kepada Kapolsek Bomberay AKP Ilham, S.H., M.M. untuk digunakan sebagai bus sekolah.

“Tugas pokok Polri adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Nah, bus sekolah ini salah satu wujud nyata perhatian kami di dunia pendidikan” ujar AKBP Gazali.

Dikonfirmasi dipilihnya Bomberay sebagai wilayah operasional bus sekolah, AKBP Gozali menjelaskan, dari 9 kecamatan di Kabupaten Fakfak,  kondisi geografis Kecamatan Bomberay relatif datar. Hal tersebut juga disesuaikan dengan spesifikasi bus yang memang hanya diperuntukkan pada medan datar beraspal.

“Wilayah Bombeary relatif datar dan ada banyak sekolah, jadi lebih efisien” tegas AKBP Gazali.

“Tidak ada pungutan sama sekali, semua pelayanan bus sekolah gratis” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Bomberay, AKP Ilham, S.H., M.M. menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kapolres Fakfak atas kepeduliannya telah memberikan sebuah bus sekolah, mengingat di wilayahnya tidak ada angkutan umum dan jarak rumah ke sekolah yang cukup jauh. Rencananya bus yang mampu menampung hingga 40 penumpang tersebut akan digunakan antar jemput siswa di 6 sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

“Ada 3 SD, 2 SMP dan 1 MA yang akan dilayani antar jemput. Jam operasionalnya mengikuti jam sekolah yakni pukul 07.00 WIB dan 13.45 WIB. Nanti akan ditetapkan dulu titik kumpul penjemputan dan kepulangannya” jelas AKP Ilham.

Keberadaan bus sekolah Polres Fakfak tersebut disambut antusias oleh warga Bomberay. Warga menilai bahwa terobosan kreatif Kapolres Fakfak ini sangat membantu dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Fakfak.

“Sangat bermanfaat, apalagi untuk anak-anak yang rumahnya jauh. Kadang mereka jalan kaki dari rumah. Sampai sekolah sudah capek. Tidak bisa belajar dengan baik. Dengan bus sekolah ini tentu sangat membantu. Terima kasih Pak Kapolres” ujar salah satu warga Bomberay.

Sekedar diketahui, penyerahan bus sekolah itu sendiri dilaksanakan pada Senin tanggal 2 Oktober 2017 yang lalu bersamaan dengan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan apel Mapolres Fakfak. Kunci bus sekolah diserahkan langsung oleh Kapolres Fakfak kepada Kapolsek Bomberay disaksikan oleh pejabat utama dan seluruh anggota Polres Fakfak.

Penulis : Arifin / Polres Fakfak Papua Barat
Editor : Alfian Nur
Publish : Arifin / Polres Fakfak Papua Barat

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password