Kapolda Papua Gencarkan Dialog Setara Klinik Pancasila di SMAN4 Jayapura

Tribratanews.polri.go.id, Polda Papua – Kegiatan Klinik Pancasila yang di buka oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH bertempat di SMA Negeri 4 Jayapura, Sabtu (30/09/2017)

Dalam pembukaan Klinik Pancasila di hadiri langsung oleh Direktur Klinik Pancasila Dr. Dody Susanto yang memberikan materi tentang bagaimana Ideologi Pancasila lahir di negeri  ini dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari itu sendiri  melaui berbagai permainan dan tanya jawab.

Kapolda Papu dalam sambutannya menegaskan bahwa Indonesia ini sangat majemuk teridiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, agama dan oleh Karena itu kita dapat di persatukan dengan Pancasila karena para leluhur bangsa telah memikirkan itu, demikian juga pada awal berdirinya negara republik indonesia  para pendiri bangsa ini telah merumuskan 5 sila dalam Pancasila sebagai falsafah hidup  dan 5 sila inilah sebagai obat pemersatu bangsa sebagaimana terurai dalam butir-butir pancasila yang belum tentu di miliki oleh bangsa-bangsa lainnya yang ada di dunia ini.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa dan siswi SMA Negeri 4 Jayapura dan para guru, Dr. Dody Susanto memberikan beberapa pertanyaan dan permainan tentang Pancasila  serta dengan beberapa nyanyian untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Dr. Dody Susanto menjelaskan bahwa Ideologi Pancasila itu bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan juga bisa melalui kegiatan yang kita lakukan disekolah atau dalam satu komunitas disekolah maupun diluar sekolah.

“Sebagai anak bangsa harus bisa menanamkan Ideologi Pancasila dalam diri setiap siswa-siswi untuk kemajuan Bangsa dan Negara ini, karena dari adik-adik pelajar, bahwa Bhinneka Tunggal Ika serta persatuan dan kesatuan bangsa dapat ditumbuh kembangkan dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah bahkan dari SMA Negeri 4 Jayapura ini, harapan kami nilai –nilai pancasila ini dapat dikembangkan disekolah-sekolah lain baik di Kota Jayapura maupun di tanah Papua,”kata Dr. Dody Susanto.

Para Dokter Klinik Pancasila dan pasien melakukan dialog setara tentang butir-butir pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan yel-yel “Indonesia – Pancasila, Pancasila – Indonesia, generasi muda Jayapura – ayo maju-maju, ayo maju- maju, ayo maju-maju” dilanjutkan dengan nyanyian dan permainan yang bernuansa pancasila dari siswa-siswi SMA Negeri 4 Jayapura . Kesemuanya itu memberikan pengertian apa itu arti pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan contoh tentang bagaimana bisa menerapkan pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Marthen

Editor    : Alfian

Publish : Marthen

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password