Gowes Bantaeng, Kapolda Sulsel dan Pejabat Utama Jajal Puncak Sinoa ke Agrowisata Ulu Ere

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono bersama beberapa pejabat utama polda Sulsel diikuti para pejabat Forkopimda Kab Bantaeng dan klub-klub gowes yang ada di Kota Bantaeng menjajal rute Ekstrim dari puncak Sinoa menuju Muntea di Kawasan Agrowisata Ulu ere , berjarak sejauh 18 kilometer (km).

Rute ini berjarak cukup dekat tapi sangat menantang. Jangan harap tidak bertemu tanjakan menuju Puncak Muntea.

Pukul 07.30 Wita, Jumat (29/09/17), pesepeda sudah berkumpul di Puncak Sinoa Kec.Simpnoa untuk memulai perjalanan. Cuaca pagi itu cukup cerah saat berkumpul untuk memulai perjalanan.

Puluhan pesepeda terlihat sangat antusias untuk gowes, beberapa elemen masyarakat Kab. Bantaeng turut berpartisipasi, termasuk para unsur Muspida Kab.Bantaeng, begitu pula para personil Polres Bantaeng yang ingin menjajal kekuatan mengayuh sepeda bersama Kapolda Sulsel dan para pejabat utama Polda Sulsel.

Sampai akhirnya, pukul 07.30 WITA, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono dan rombongan mulai bergerak di titik start di Puncak Sinoa Kec. Sinoa, yang dengan ketinggiannya, Kota Makassar bahkan terlihat dari kejauhan.

Terlihat peserta lain kemudian menyusul untuk ikut gowes berjalan beriringan dengan barisan cukup panjang, namun, lama-kelamaan ada yang tercecer dari rombongan setelah bertemu tanjakan.

Benar saja, baru sekitar 15 menit mengayuh sepeda, sudah ada tanjakan tajam di depan mata. Kayuhan makin terasa berat sepanjang melaju di desa Bonto Maccini Kec.Sinoa tanjakan semakin curam saat melewati Lapangan Sepak Bola Takkang Bassia dan mulai memasuki Desa Bonto Karaeng.

Jalanan menanjak dan berkelok beralaskan aspal mulus. Kalau sudah begini, rombongan pesepeda otomatis akan terbagi di barisan depan, tengah, dan belakang.

Tanjakan ini membuat beberapa peserta turun untuk mendorong sepedanya. Peluh bercucuran dan terdengar suara napas yang terengah. beberapa bikers bahkan tak mampu lagi melanjutkan perjalanannya.

Setelah itu, dilanjut dengan tanjakan demi tanjakan di sepanjang jalanan desa Bonto Karaeng Kec.Sinoa kurang lebih sepanjang 4 km. Dari kejauhan, tanjakan berikutnya sudah terlihat lagi, dan menyeramkan bagi pesepeda.

“Tanjakannya curam sekali, rasanya mau balik kanan saja” ujar Kepala Pengadilan Negeri Bantaeng.

Ada yang lancar mengayuh sampai ke atas, ada yang berhenti di tengah tanjakan karena sudah tidak kuat, ada yang berhenti dan lanjut menuntun sepeda. Kapolda Sulsel Sendiri.masih terus, Kokoh mengayuh sepedanya, ditempel ketat, oleh Wadir Polair Polda Sulsel.

Masyarakat dan anak-anak sekolah menyambut dipinggir jalan. Ini adalah kali pertama datang puluhan pesepeda ke desanya.

Setelah melewati jalanan full tanjakan Desa Bonto Tanga Kec Ulu Ere, , Kapolda Sulsel dan para bikers Gowes Bantaeng, beristirahat sejenak di Mapolsek Ulu Ere, Jl. Poros Loka. Kemudian kembali melanjutkan perjalanan 5 Km terakhir menuju Agrowisata Ulu Ere, di Desa Bonto Lojong di puncak Muntea.

Kapolda Sulsel akhirnya tiba di Puncak Muntea, Setelah berjuang menaklukan jalan tanjakan pada 5 Km terakhir. Setiba di Puncak Muntea, Kapolda didampingi pejabat utama lainnya beristirahat menikmati panorama alam puncak Muntea, yang memiliki ketinggian 1.500 Meter diatas permukaan laut.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password