Antisipasi Karhutla di Kawasan hutan, Polsek Kemuning Patroli Menggunakan Rakit Bambu

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri hilir – Berdinas di wilayah dengan topografi perbukitan yang dialiri beberapa sungai tidak membuat Tim Patroli Karhutla Polsek Kemuning menyerah. Personel Polsek Kemuning yakni AIPTU Kamin, AIPDA Herbet Defri Sitorus, BRIGADIR Tri Widodo di dampingi masyarakat peduli api yang tergabung kedalam Tim Patroli Karhutla Polsek Kemuning rutin melaksanakan Patroli Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa lokasi hutan maupun lahan yang rawan terbakar.

Kristalisasi nilai-nilai Tribrata yang diwujudkan dalam menjalankan tugas dan pengabdian sebagai anggota Polri merupakan prinsip yang di pegang teguh. Menjadi Polisi yang bertugas melaksanakan patroli di daerah kawasan Hutan penyangga tembulun rusa, Dusun Sidomuliyo, Desa Batu Ampar, Kec. Kemuning, Kabupaten Indragiri hilir di yakini mereka sebagai salah satu upaya pencegahan dengan cara melakukan himbauan maupun sosialisasi maklumat Kapolda Riau kepada warga tentang antisipasi Karhutla yaitu larangan membakar hutan dan lahan maupun membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar.04Dengan Kondisi wilayah tersebut, sesekali rute patroli terputus oleh beberapa aliran sungai, yang mengharuskan personel Polsek Kemuning ini melanjutkan patroli menggunakan rakit yang terbuat dari bambu. Salah satu personel memegang peranan penting dalam mengendalikan rakit sambil memegang galah dan berusaha keras mengendalikan laju rakit.01Keadaan seperti ini tak menjadi alasan bagi mereka untuk melakukan pencegahan dan menciptakan wilayah Kecamatan Kemuning bebas asap.

Patroli Karhutla tersebut rutin dilakukan, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencegahan terjadinya Karhutla dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas serta sinergitas instansi terkait dan masyarakat tingkat desa.02Penulis : Rio Fernando Sinaga

Editor : Alvian Nur

Publish : Rio Fernando Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password