Kasium Polsek Suhaid hadiri sosialisasi P4K

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pada hari Kamis tanggal 14 September 2017 Kasium Polsek Suhaid Menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di gedung pertemuan umum Desa Nanga Suhaid Kec. Suhaid Kab. Kapuas Hulu.

Kegiatan tersebut di hadiri sekira 30 orang diantaranya Dari Dinas Kesehatan Kab. Kapuas Hulu Ibu ROSANA HAYATI, Camat Kec. Suhaid, Danramil Kec. Suhaid, Kepala Puskesmas Kec. Suhaid serta masyarakat Kec. Suhaid.

Ibu ROSANAH HAYATI menyampaikan bahwa Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) adalah kegiatan yang di fasilitasi oleh bidan dalam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas, termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir, P4K menggunakan stiker adalah terobosan percepatan penurunan angka kematian ibu. Stiker P4K berisi data tentang nama ibu hamil, taksiran persalinan, penolong persalinan, transportasi yang digunakan dan calon donor darah tempat persalinan, pendamping.

Penempelan stiker P4K di setiap rumah ibu hamil dimaksudkan agar ibu hamil terdata, tercatat dan terlaporkan keadaannya oleh bidan dengan melibatkan peran aktif unsur-unsur masyarakat seperti kader, tokoh masyarakat, serta
masyarakat sekitar tempat tinggal ibu mengetahui ada ibu hamil dan apabila sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan, masyarakat siap sedia untuk membantu. Dengan demikian, ibu hamil yang mengalami komplikasi tidak terlambat untuk mendapat penanganan yang tepat dan cepat, terang Ibu Rosanah Hayati.

Pada kesempatan tersebut Kasium Polsek Suhaid Aipda Suhartanto menyampaikan Tujuan dari Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) yaitu menurunkan angka kematian ibu dan pak anak, sert meningkatkn kesehata keluarga. Mari kita tingkatkan kepedulian kita terhadap kesehatan tentang persalinan ibu hamil, karena ini tanggung jawab bersama, ucap Aipda Suhartanto.

Penulis : Tibi Endroviko /Irwan
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password