Dorong Peningkatan Literasi, Satlantas Polres Trenggalek Bangun “Pojok Baca”

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Ada suasana berbeda saat memasuki ruang pelayanan Satlantas Polres Trenggalek baik SIM maupun Samsat. Sebuah rak kecil warna-warni berdiri di salah satu sudut ruangan. Di dalam rak tersebut terdapat puluhan buku, koran dan majalah. Diatasnya, terpampang tulisan “Pojok Baca”. Meskipun tanpa sekat, ruangan kecil tersebut ditata serapi mungkin sehingga terlihat asri dan kekinian. Nampak pula dua orang pengunjung yang sedang membaca koran dan majalah sambil menunggu panggilan antrian.

Penasaran, tim redaksi pun menemui salah seorang petugas yakni Iptu Muktamar, SH yang juga menjabat sebagai Kanitregident Satlantas Polres Trenggalek.

Dari perbincangan tersebut, Iptu Muktamar menjelaskan bahwa Pojok Baca merupakan salah satu inovasi yang terbarukan dari Polres Trenggalek. Selain berfungsi sebagai ruang tunggu yang nyaman, juga bermanfaat untuk menggugah semangat membaca masyarakat.

“Fungsi utama sebagai ruang tunggu plus, yang membawa manfaat bagi masyarakat” ujar Iptu Muktamar.

Meskipun kecil dan berada di sudut ruangan, pojok baca tersebut cukup menarik minat masyarakat yang kebetulan berada di ruang pelayanan Satlantas Polres Trenggalek. Baik untuk sekedar mengusir kejenuhan, maupun yang penasaran dengan koleksi buku-buku yang disediakan.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., menuturkan, keberadaan pojok baca merupakan langkah nyata jajaran Satlantas Polres Trenggalek dalam berpartisipasi meningkatkan literasi di Trenggalek.

“Kita ingin literasi di Trenggalek semakin maju. Kami tak mau hanya berwacana tanpa eksekusi dan perpustakaan mini ini wujud kongkritnya” jelas AKP Ricky.

AKP Ricky menambahkan, kedepan pihaknya akan menambah koleksi buku-buku yang dimiliki dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan civitas literasi di Trenggalek.

“Rencananya akan dikembangkan lebih luas lagi dan koleksinya juga ditambah. Tidak melulu buku-buku politik, hukum tapi juga bacaan ringan seperti kumpulan cerpen atau novel. Jadi masyarakat yang ke kantor pelayanan Polri bisa nyaman sekaligus menambah pengetahuan dengan membaca buku” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password