Kapolsek Jawai Mengubah Strategi Pengamanan Dalam Tradisi Sembahyang Rampas Agar Tepat Waktu

Tribratanews.polri.go.id, Polda kalbar-polres sambas, Ritual sembahyang rampas adalah tradisi sedekah yang dilakukan oleh suku tionghua sebagai penutup sembahyang kubur untuk menghormati orang-orang pendahulu yang telah meninggal, khususnya bagi suku tionghua.

Dalam kesempatan ini telah dilaksanakan giat sembahyang rampas di 2 (dua) Vihara yaitu Sam Chin Kung / Vihara 76 dan Vihara Che Thian Thai Sin / Vihara Kembar. Selasa (05/09/2017) sekira pkl.14.00 Wib s.d selesai di Desa Dungun Laut Kec Jawai Kab Sambas.

Kapolsek Jawai Iptu Prambudi selaku koordinator keamanan mengeluarkan Surat Perintah dengan Nomor : Sprin / 412 / IX / 2017 Tgl 04 September 2017, melibatkan 15 (lima belas) Personil Polsek Jawai, terdiri dari Vihara Sam Chin Kung / Vihara 76 diantaranya Aiptu Sutarno, Aipda Ceko, Bripka Abdul.M, Bripka Cahyono, Bripka Tomin, Brigpol Pusma, Brigpol Farid.M dan Brigpol Seto Daru Indro beserta 3 (tiga) personil Koramil Jawai dan Melibatkan 24 (dua puluh empat) orang Tim Pam Swakarsa Dsn.Jeruk Ds.Dungun Laut Kec.Jawai Kab.Sambas.

Sedangkan untuk Vihara Che Thian Thai Sin / Vihara Kembar Aiptu Endro.S, Aipda U.Hairani, Bripka Nispu.W, Brigpol Atur.W.A, Brigpol Dicky.P, Brigpol Samsul dan Brigpol Amsori beserta 3 (tiga) personil Koramil Jawai dan melibatkan 24 (dua puluh empat) orang Tim Pam Swakarsa Dsn.Jeruk Ds.Dungun Laut Kec.Jawai Kab.Sambas.

Dalam Pelaksanaan Kapolsek Jawai memberikan Himbawan Kepada seluruh Pengunjung diantaranya Sebelum ada aba – aba dari ketua panitia Ritual Sembahyang Rampas, dilarang bagi masyarakat / Warga untuk melakukan Perampasan Barang Ritual yang sudah disediakan, Apabila sudah ada petunjuk dari Ketua Panitia, akan diberitahukan kepada masyarakat / Warga sehingga masyarakat diperbolehkan untuk melakukan pengambilan Barang Ritual Tersebut dan Diharapakan kepada masyarakat / Pengunjung apabila pada saat melakukan Giat pengambilan / Perampasan Barang Ritual supaya menjaga dan melihat keselamatan orang lain dan diri sendiri.

Hidangan makanan yang disiapkan oleh panitia Ritual Sembahyang Rampas di Vihara Che Thian Thai Sin / Vihara Kembar ada 10 (sepuluh) Tumpukan yang terdiri bermacam – macam jenis sajian sedangkan untuk di Vihara Sam Chin Kung / Vihara 76 terdapat 19 (sembilan belas) tumpukan yang terdiri dari bermacam – macam jenis sajian.

Iptu Prambudi menerangkan pada kesempatan ini pengamanan exstra dilakukan mengingat untuk tahun sebelumnya selalu tidak memenuhi target waktu yang ditentukan panitia, sehingga mengurangi kekhusukkan sembahyang.

Makanya di tahun ini diberikan pengamanan extra agar mencapai waktu sebelum pelaksanaan kegiatan perampasan makanan.

Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dari pihak keamanan Polsek Jawai, Koramil Jawai, Anggota Pam Swakarsa dan panitia serta masyarakat sekitar. Kegiatan sembahyang rampas dapat terlaksana dengan aman dan lancar. Terang Kapolsek

Penulis : Cahyo
Editor : Alfian Nunar
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password