Meriahkan HUT ke 72 RI, Kapolsek Pulau Burung Taja Lomba Arung Kanal

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri Hilir

Pesta rakyat untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke 72 Republik Indonesia, tidak hanya dilakukan masyarakat yang berdomili di kota – kota. Masyarakat yang bermastautin di pedesaan pun, punya cara tersendiri, untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Di Kabupaten yang berjulukan Negeri Seribu Parit ini, keberadaan parit – parit tersebut, menimbulkan ide dari Kapolsek Pulau Burung, Inspektur Polisi Satu Junaidi. D, untuk memprakarsai lomba arung kanal. Dengan dukungan dari Forkompimcam Pulau Burung, lomba yang sudah memasuki tahun kedua ini, kembali diadakan, Minggu, 20/8/2017. Tak pelak, ribuan masyarakat tumpah ruah di Kanal Utama 01 Desa Pulau Burung, menyaksikan acara langka, yang hanya dilaksanakan sekali setahun itu.

IMG-20170820-WA0131
Menempuh jarak sepanjang 300 meter, puluhan grup putra dan putri berpartisipasi menjadi peserta, beraksi mengayuh dayung di sepanjang kanal. Tak ketinggalan peserta tertua, H. Mawan (62 tahun) dan Ibu Ijah (61 tahun), ikut bersemangat dalam kemeriahan lomba tersebut. Ibu Ijah bahkan membuktikan dirinya masih bisa bersaing dengan peserta yang lebih muda, dengan menjadi berhasil menjadi juara 1, di kategori putri. Dalam lomba ini, juga diadakan tarung eksebishi, yang diikuti Camat Pulau Burung, M. Yusuf, S.Sos, MM, Kapolsek IPTU Junaidi, D, Perwakilan Koramil Pulau Burung PELDA Dede Sulaiman dan anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir dari Fraksi Golkar, Yuliantini, S.Sos, M.Si.

Tampil sebagai pemenang dalam lomba yang diikuti 55 tim putra dan 17 tim putri ini, untuk kelompok putra pemenangnya adalah Tim Harimau Gila, Tim Mus Parit Baru, Tim Parit 4 Desa Pulau Burung dan Tim Kades Pulau Burung sebagai Juara 1, 2, 3 dan 4. Untuk kelompok putri, pemenangnya adalah Tim Parit Baru, Tim Bunga Raya Parit 3, Tim Parit Panjang 2 Pulau Burung dan Tim Parit Panjang 1 Pulau Burung sebagai pemuncak 1, 2, 3 dan 4.

Lomba arung kanal ini bertujuan untuk menghibur masyarakat Kecamatan Pulau Burung dan sekaligus memeriahkan HUT ke 72 Republik Indonesia, dengan memanfaatkan potensi yang ada di Kecamatan Pulau Burung. “Lomba ini direncanakan akan terus dilaksanakan sebagai event tahunan, di waktu – waktu mendatang”, tutup IPTU Junaidi.

Penulis  : Heriman Putra

Editor    : Umi Fadilah

Publis    : Heriman Putra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password