Polres Mamasa Lakukan Pengamanan Pembacaan Keputusan Sengketa Sawah Oleh Pihak Pengadilan Negeri Polewali

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Telah dilaksankan Pembacaan Keputusan Sengketa Sawah di Dusun Barung, Desa Lambanan, Kec. Mamasa oleh pihak Pengadilan Negeri Polewali yang di pimpin ketua Panitera Pengadilan Negeri Polewali Mandar Hasma H, SE, SH yang di dampingi 2 (Dua) Saksi, Muh Saleh, SH (Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Polewali Mandar) dan Hasan Muhajid, SH, MH (Jurusita Pengadilan Negeri Polewali Mandar).

Hadir dalam kegiatan, AKBP, Suhendro. S.IK. (Kapolres Mamasa), Kompol, Haidir (Kabag Ops), AKP, Yulianus (Kasat Intelkam), AKP, Masdar Mansyur (Kasat Sabhara), Ipda, Andarias (KBO Binmas), Yunus P Lemba (Kades Lambanan), Harianto (Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial)

Adapun pemohon eksekusi Salmon Karel Eso selaku pengugat melawan Indo Liku alias mama Eli selaku tergugat bahwa sesuai hasil putusan Mahkamah Aguang dengan ini Pengadilan Negeri Polewali Mandar menetapkan bahwa, Mengabulkan gugatan penggugat untuk sebagian, “Menyatakan penggugat adalah salah satu ahli waris dari Alm. Arruan Dawa, Menghukum tergugat 1 dan 2 atau pun siapa saja yang mendapat hak dari padanya dengan segera mengembalikan hak sawah Indo Dembu yang telah di gadaikan selama 30 tahun dan diserahkan kepada penggugat kembali dengan syarat mengambalikan nilai gadai sawah sebesar 5 tarina 2 1/2 innanna oleh penggugat kepada tergugat 1 dan 2, Menyatakan menurut hukum bahwa sawah objek sengketa Indo Dembu adalah milik Arruan Dawa yang di gadaikan kepada Pampang Tasik senilai 5 tarina 2 1/2 innanna yang patut diwarisi oleh ahli warisnya atau penggugat, Menyatakan menurut hukum bahwa hibah atas sawah tersebut oleh tergugat 1 dan 2 tidak memiliki kekuatan hukum atau di batalkan, Menolak gugatan selebihnya”.

Hasil keputusan bersama antara pihak lembaga Adat, penggugat dan tergugat yaitu bagi penggugat agar melakukan ganti rugi atas nilai gadai sawah kepada penggugat 1 sebesar 15 juta dan penggugat 2 dengan memberikan 1 ekor kerbau dan penggugat 1 dan 2 tidak punya hak lagi atas sawah tersebut.

Catatan Bahwa hak sawah saat ini sepenuhnya menjadi milik penggugat Salmon Karel Eso sebagai pihak yang di menangkan. Bagi tergugat yang ingin melakukan banding agar ke pengadilan untuk kemudian dilakukan proses banding. Sampai kegiatan selesai semua berjalan aman dan terkendali.

Penulis : Indra Reskiawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish: Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password