Ditpolairud Lakukan Latihan Selam untuk Pengibaran di Bawah Laut Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang

IMG-20170813-WA0028

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Kemampuan Selam Polri merupakan salah satu keahlian yang di berikan kepada anggota Ditpolairud, untuk meningkatkan kemampuan tersebut 30 personil Ditpolairud melakukan latihan selam (scuba diving) pelatihan dimulai tanggal 9,10 dan 11 di Kolam renang Tirta Ria Pontianak yang memang diadakannya latihan ini untuk persiapan pengibaran bendera dibawah laut di Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang pada tanggal 14, 15 sampai dengan hari Kemerdekaan Indonesia ke-72. Minggu (13/08/2017).

Sebelum memulai latihan para peserta yang mengikuti pelatihan dilakukan pengecekan kesehatan oleh Aiptu Muslim selaku bintara kesehatan, karna sesuai proedur diwajibkan sebelum latihan harus dalam keadaan sehat dan baik.

Letnan Satu Bambang salah satu anggota TNI-AL selaku pelatih dari Tim POSSI memulai latihan dengan pemanasan fisik agar terhindar dari keram, dilanjutkan dengan menguji kemampuan berenang gaya bebas 200 meter, Water trapen mengapung di permukaan air selama kurang lebih 15 menit tanpa alat dilanjutkan dengan pengenalan dan cek peralatan selam serta prosedur cara pemasangan alat selam.

Selanjutnya tehnik-tehnik yang safety masuk kedalam air dengan alat serta diajarkan bagaimana mengatasi suatu trouble dibawah air seperti masker yang kemasukan air atau telinga sakit saat berada dalam air.

Irwan Dirgantara selaku Instruktur dari POSSI Kalbar yang diwakili Lettu Bambang mengatakan semakin sering kita latihan maka akan semakin baik, karna akan membuat kita merasa lebih nyaman saat berada di bawah air, kuncinya adalah merasa nyaman atau rileks tidak panik. Dan jangan pernah memaksanakan diri diluar kemampuan saat menyelam misalnya telinga sakit karna besarnya tekanan air, jang dipaksa untuk tetap ruen karna akibatnya gendang telinga bisa pecah, Kendalikan diri ikuti arahan dari pelatih/lnstruktur. Tegas Pak Bambang.

juga menegaskan salah satu peraturan penting diving adalah menjaga keselamatan. Jangan pernah menyelam sendirian dimana pun kamu berada, minimal harus ditemani seseorang, harus ada mitra yang mengawasi unutk memastikan semuanya baik baik saja.

Penulis : Mahrani
Editor : Umi Fadilah/ Sugeng. HS
Publish : Cucu Safiyudin, MH

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password