Kapolsek Tayan Hulu Polres Sanggau hadiri kegiatan Musyawarah Adat dan Ritual Mandoh Pakat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Kapolsek Tayan Hulu Iptu Agustana Eka Kusuma, S. Ik menghadiri kegiatan Musyawarah Adat dan Ritual Mandoh Pakat di Lapangan Sepak Bola Ds. Sosok Kec. Tayan Hulu, Jumat (11/08/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Tayan Hulu, Ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu, para Kades se Kecamatan Tayan Hulu, para Temenggung se Kecamatan Tayan Hulu dan Panitia HUT RI Kecamatan Tayan Hulu.

Dalam musyawarah Adat tersebut, membahas masalah PETI dan Nuba (meracun ikan di Sungai). Hasil kesepakatan seluruh peserta mendukung upaya DAD dalam membuat aturan Sanksi Adat bagi Pelaku PETI dan Nuba yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan/sungai dan juga mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pihak Kepolisian.

Hasil musyawarah tersebut di buat surat kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Ketua DAD, Para Temanggung, serta para Kades se Kec. Tayan Hulu.

Menanggapi kesepakatan adat tersebut Kapolsek Tayan Hulu Iptu Agustana Eka Kusuma, S. Ik menyampaikan untuk permasalahan Nuba, sangat merespon baik peran Dewan Adat Dayak Kec. Tayan Hulu, para Temenggung dan para Kades dalam terbitkan aturan sangsi Adat menuba ikan dan bila masih melakukan hal tersebut, akan diserahkan kepada pihak Kepolisian.

Untuk permasalahan PETI, Peran serta DAD, Temanggung serta kades sangat penting dalam upaya membantu Polri mensosialisasikan Larangan PETI kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi aktivitas PETI di Kecamatan Tayan Hulu dan mengembalikan kondisi air sungai yang layak digunakan oleh masyarakat secara luas.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password