Antisipasi Karhutla, Kapolsek Silat Hulu Koordinasi Dengan Perusahaan Perkebunan

 

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pada hari Jumat, 11/8/2017 pukul 08.00 wib Kapolsek Silat Hulu Iptu Josni Barus beserta 3 Anggota melakukan koordinasi dengan pihak Perusahaan Perkebunan Sawit PT. PRIMANUASA MITRA SERASI yang diterima oleh manager yaitu Bapak RIKY.

Kapolsek Silat Hulu Iptu Josni Barus mengatakan bahwa walaupun beberapa hari ini di wilayah Kecamatan Silat Hulu diguyur hujan, kita tidak mau lengah karena kita tidak tahu dengan kondisi perubahan cuaca dalam beberapa hari kedepan. Untuk itu kita siap siaga mengantisipasi dengan melakukan koordinasi dengan pihak Perusahaan Perkebunan yang ada di wilayah Kecamatan Silat Hulu ini dengan tujuan untuk pengecekan sarana prasarana perusahan dalam kesiapan mengantisipasi Karhutla di lingkungan perusahaan. Adapun hasil koordinasi dan pengecekan dengan pihak Perusahaan Perkebunan Sawit diantaranya Adanya Menara Pantau sebanyak 4 (empat) buah masing-masing posisi koordinat (a. LU 0.1207, 111.5758 ; b. LU 0.1152, 111.5846 ; c. LU 0.1140, 111.5905, d. 0.1147, 112.0000), Mesin Robin dengan kelengkapanya sebanyak 5 (lima) unit, Racun Api aktif sebanyak 15 tabung, Tangki air bergerak sebanyak 1 unit dan Personil khusus dalam penanganan Karhutla 15 orang terang Kapolsek Silat Hulu.

“Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Silat Hulu dalam beberapa hari terakhir memang patut disyukuri. Namun bukan berarti kebakaran lahan setelah itu tak akan terjadi,” ucap Iptu Josni Barus.

Bapak Riky selaku manager Perusahaan Perkebunan Sawit PT Primanusa Mitra Serasi mengatakan pihak Perusahaan selalu siap membantu dan menginformasikan apabila ada titik api (hot spot) baik di lingkungan perusahaan maupun di wilayah Kecamatan Silat Hulu ujarnya.

Koordinasi dan pengecekan sarana prasarana perusahan dalam kesiapan mengantisipasi Karhutla dilingkungan perusahaan ini penting dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan karena kami tidak ingin ada kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Silat Hulu, supaya harapannya tidak ada kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan seperti tahun 2015, bisa terwujud,” tegas Iptu Josni Barus.

Penulis : Josni Barus/ Nata Ersi
Editor : Umi Fadillah/Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password