‘Ngodor’ Beroperasi, 12 Bentor Terjaring Razia Di Banjarnegara

Tribratanews.polri.go.id, Banjarnegara – Kepolisian Resor Banjarnegara menggelar 12 becak motor atau yang disebut bentor di halaman Polres Banjarnegara, Senin (7/8/2017).
Bentor hasil razia Satlantas Polres Banjarnegara pada Kamis (3/7/2017) lalu ini diamankan di Polres Banjarnegara akibat tidak sesuai spektek / mengubah bentuk kendaraan bermotor.
“Kami lakukan razia dimana sudah kami temukan 12 bentor yang terdiri dari 7 bentor ditempel dengan becak dan 5 bentor ditempel dengan mesin penggilingan tepung,” ucap Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia, SIK, SH, MH.
Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa selain membahayakan pengemudi dan penumpang, hal tersebut melanggar Pasal 277 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Dimana dalam pasal tersebut disebutkan bahwa setiap orang yang memasukkan kendaraan bermotor, kereta gandengan dan kereta tempelan ke dalam wilayah Republik Indonesia, membuat, merakit atau memodifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus yang dioperasikan di dalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana dimaksud dalam pasal 50 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000,- (dua puluh juta rupiah).
WhatsApp Image 2017-08-07 at 23.05.40
Langkah selanjutnya, pengemudi becak motor tersebut diberikan upaya pembinaan agar becak motor tersebut dilepaskan dari rangkaiannya dan dikembalikan seperti keadaan semula sehingga becak dapat dioperasikan kembali.
“Kami akan pantau dan monitor terus perkembangannya. Jika hal tersebut tidak diindahkan akan kami tarik dan lakukan penegakkan hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tegas Kapolres.
Di samping itu, Wanto, pengemudi bentor mengaku mengubah becaknya menjadi bentor untuk meringankan tenaga sehingga pendapatannya dapat lebih banyak.
“Saya menyesal dan minta maaf. Pernah diingatkan namun saya tetap ‘ngodor’. Habis dari sini saya akan bongkar (bentornya) total,” ucap Wanto.
Selanjutnya para pemilik bentor tersebut menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya kembali.
Kapolres berharap dengan kegiatan ini masyarakat dapat patuh terhadap aturan berlalu lintas agar tercipta situasi kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif di Banjarnegara.
Penulis : Asri
Editor : Umi Fadillah
Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password