Bhabinkamtibmas Polres Belu Polda NTT Ajari Warga Menulis dan Membaca

Tribratanews.polri.go.id – Polda NTT, Bhabinkamtibmas Desa Kenebibi Kecamatan Kakulukmesak Kabupaten Belu Polda NTT Brigpol Kresna Ola meluangkan waktunya membentuk kelompok masyarakat dan mengajari warga buta aksara menjadi warga yang bisa membaca dan menulis di wilayah perbatasan RI – Timor Leste.

Brigpol Kresna Ola memulai kegiatan mengajar  kepada sebagian besar penduduk yang adalah eks warga negara Timor Leste tersebut sejak bulan Oktober tahun 2016.

Sebanyak 60 bapak dan ibu buta aksara yang diajari Brigpol Kresna Ola dan dibagi menjadi dua kelompok belajar. Rata-rata peserta kelas belajar adalah ibu rumah tangga yang tidak pernah mengenyam pendidikan.

“saya mengajari warga mengenal huruf sehingga bisa membaca dan menulis. Intinya mereka bisa membaca dan menulis” Ujar bintara lulusan SPN Kupang Polda NTT tahun 2005 ini.

Brigpol Kresna dibantu Kapolsek Kakulukmesak Polres Belu Iptu Ketut, secara swadaya membeli buku dan pensil tulis bagi peserta kelompok belajar tersebut.

Mereka meminjam halaman rumah Laurindu do Santos yang juga ketua RT 11/RW 03 Desa Kenebibi Kecamatan Kakulukmesak Kabupaten Belu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Para peserta membawa kursi sendiri dari rumah untuk belajar.

Waktu belajar disesuaikan dengan waktu luang warga masyarakat, namun setiap minggu wajib dilakukan pertemuan pada hari Rabu petang antara pukul 15.00 hingga 16.00 wita.

Setelah sekian bulan menjalani proses pembelajaran dari Bhabinkamtibmas Brigpol Kresna, banyak kemajuan bagi mereka selain bisa membaca dan menulis, mereka pun bisa berkomunikasi dengan lancar dengan warga lain yang berkunjung ke wilayah mereka.

Penulis : Polda NTT

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Sirda

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password