Penambang Emas Ilegal di Toili Barat Ditertibkan Polisi Banggai

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Banggai – Puluhan penambang emas ilegal yang beraktifitas di sepanjang Jalan Trans Sulawesi, Desa Tirta Sari sampai Desa Uwelulu Kecamatan Toili Barat akhirnya di tertibkan Polsek Toili, Selasa (18/7/2017) 11.00 wita hingga 14.30 wita.

Penertiban yang dipimpin langsung Kapolsek Toili Iptu Akhawan B. Suro dan dibantu personil Tni itu dilakukan karena dapat menyebabkan longsor.

Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno SIK, mengatakan, penertiban ini dilakukan karena sebelumnya sudah melakukan peringatan pada penambang emas ilegal agar mengurus ijin.

“Dan melakukan aktifitasnya 15 meter dari badan jalan untuk menjaga jangan terjadi longsor. Namun para penambang itu tak mengindahkan peringatan itu.

Dalam penertiban itu, Polsek Toili mengamankan 93 penambang ilegal yang beraktifitas, di empat titik lokasi penambangan, sepanjang jalan trans Desa Tirta Sari hingga Desa Uwelulu Kecamatan Toili Barat. “Sedangkan barang bukti berupa 3 unit mein dompeng dimusnahkan dengan cara dibakar di lokasi,” papar Kapolres

Kapolres menegaskan, agar para penambang hendaknya mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam undang-undang. “Dan wajib memperhatikan dampak, baik dampak lingkungan maupun dampak pencemaran, berkaitan pemakaian bahan kimia mercuri,” tegas Kapolres.

Para penambang yang diamankan itu kemudian diberikan pembinaan dan pemahaman. “Namun jika mereka masih beraktifitas maka kami tak segan-segan melakukan tindakan hukum. Terlebih jika bisa mengakibatkan rusaknya akses jalan,” tandas Kapolres.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password