Mengulas 71 Tahun Kinerja Polda DIY

Tribratanews.polri.go.id -Jogja, Hari Bhayangkara ke 71 yang belum lama ini diperingati merupakan momentum penting bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berkiprah di tengah masyarakat adalah habitat atau tempat polisi berada dan mengabdi. Demikian halnya dengan situasi di wilayah DIY yang kondusif dan aman. Setidaknya hal ini bisa dilihat dari kunjungan wisatawan pada libur lebaran kemarin. Bahkan Presiden ke 44 Amerika Serikat pun memasukkan wilayah DIY dalam kunjungannya di Indonesia.

“Kunjungan Mr. Obama bisa menjadi salah satu indikator keamanan wilayah Jogja,” jelas Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto, S.IK., M.Sc. yang menjadi narasumber dalam “Dialog Khusus” di Adi TV bersama Psikolog Drs. Arif Nurcahyo, MA. dan Yanto Sumantri, penggiat media sosial dan inisiator grup Facebook “Info Cegatan Jogja”.

Talkshow yang dipandu Latifa Nur Muslimah ini secara khusus membahas Kinerja Kepolisian Negara Republik Indonesia di usianya ke 71, khususnya Polda D.I. Yogyakarta.

“itu semua tercipta karena tugas pokok seperti patroli, sambang, koordinasi dengan instansi terkait telah terlaksana dengan baik,” sambung Kabid Humas.

Sementara Drs. Arif Nurcahyo lebih melihat kepada posisi profesi polisi yang merupakan pelayan masyarakat. .
“Profesi menjadi seorang polisi adalah profesi yang unik karena polisi bekerja bertentangan dengan hukum manusia pada umumnya, ketika manusia terlahir untuk dilayani namun telah  menjadi resiko  polisi yang harus melayani sebagai seorang abdi negara,” papar Drs. Arif Nurcahyo.

“Tak hanya itu ibarat pada acara pesta, ketika seorang pembantu memecahkan piring dia akan mendapatkan cacian, tapi jika pesta berhasil majikanlah yang akan mendapat pujian, nah itulah filosofi kinerja Polri,” sambungnya.

Sedangkan Yanto melihat perubahan positif dalam tiga tahun terakhir di tubuh kepolisian. Keberadaan media sosial saat ini bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi kepolisian, dan itu dimanfaatkan dengan baik.

“Saya melihat pada tiga tahun terakhir ini, polisi mengalami banyak kemajuan, contohnya ketika merespon pengaduan masyarakat di media sosial, maka dengan cepat pihak polisi langsung merespon aduan tersebut,” ujarnya.

penulis : Riyo
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password