Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Ipmapus Cabang Mamuju dan Gerakan Rakyat Peduli Sulba

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kepolisian Resort Mamuju kembali disibukkan dengan pengamanan Aksi damai dari dua kelompok yang mengatas namakan dirinya sebagai Ipmapus Cabang Mamuju dan Gerakan Rakyat Peduli Sulbar. Senin (10/7/17).

Pelaksanaan aksi tersebut diawali dengan Kelompok Ipmapus Cabang Mamuju yang di pimpin oleh Lelaki Akhyar selaku Koordinator lapangan dengan jumlah massa kurang lebih 50 orang.

Dalam aksinya, massa menuntut beberapa hal yaitu Kemajuan Sulbar kami tumpahkan sepenuhnya kepada Gubernur Sulbar, Mengevaluasi kembali proses penempatan pejabat di lingkup pemerintahan sulbar yang proporsional, Bekerja sama dengan pihak kepolisian dan semua pihak yang berwenang agar semua kasus yang ada di prov. Sulbar yang dituntaskan jangan terkesan ada kongkalikong, Mengnonaktifkan pejabat yang terkait dengan berbagai persoalan hukum sesuai dengan penyampaian tersebut dan Menyelesaikan persoalan bandara tampa padang tanpa merugikan satu pihak agar tidak menimbulkan kegaduhan dilingkup masyarakat.

Massa aksi di temui langsung oleh Sekda Prov. Sulbar Drs. H. Ismail Zainuddin di halaman kantor Gubernur Sulbar dan menanggapi langsung tuntutan massa aksi yaitu Proses pemerintahan akan berjalan secara terus menerus sesuai koridor hukum yang ada, Bahwa anggaran Gedung Kesenian sebenarnya 1.5 Milyar, saat ini Pemprov Sulbar akan mengusulkan kelanjutan pembangunan gedung kesenian melalui proses lelang, Proses pergantian ULP dalam rangka meningkatkan kinerja ULP, mengisi kekosongan jabatan.

Selain itu pihaknya juga berjanji Kami akan melakukan evaluasi terhadap penempatan pejabat eselon III dan IV sesuai dengan kompetensinya masing-masing demi kelangsungan dan perkembangan pembangunan Sulbar di kab. Mamuju pada khususnya.

Setelah mendengarkan tanggapan Sekda Prov. akhirnya massa aksi membubarkan diri dalam keadaan aman dan terkendali dengan pengawalan personil Polres Mamuju.

Selanjutnya aksi unras dilanjutkan oleh gerakan rakyat peduli sulbar yang dipimpin oleh Lelaki Basri dengan membawa massa sekitar 30 Orang dengan tuntutan yaitu Segera memberhentikan Kadis PU Ir. Nasaruddin karena tidak mampu bekerja secara profesional, Meminta kepada kejari Mamuju untuk melakukan pemanggilan kepada Ir. Nasaruddin atas dugaan main mata dengan pihak rekanan lain, Segera melakukan peneriksaan kepada kepala ULP baru yang telah melakukan evaluasi ulang terhadap paket proyek yang dianggap telah menabrak perpres 54 thn 2010 tentang pengadaan barang dan jasa.

selain itu, Adanya 4 paket proyek infrastruktur jalan yang sudah dilelang oleh ULP dianulir oleh Kadis PU sebagai pengguna anggaran dengan alasan yang tidak jelas seperti yang dipersyaratkan di dalam perpres 54 Tahun 2010.

Karena Kadis PU sedang tidak berada di tempat massa akhirnya massa aksi bergeser ke halaman belakang kantor Gubernur Sulbar dan kembali melakukan orasi serta ke Kantor Kejaksaan Negeri Mamuju dan massa diterima oleh Kejari Mamuju Jerry Benyamin, SH.

Menanggapi tuntutan massa Kejari Mamuju menyatakan siap menindak lanjuti laporan massa aksi sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. ungkapnya

Penulis : Dhyman

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password