Tiga Hari Gelar Razia, Satlantas Polres Biak Tindak Ratusan Pelanggar

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Setelah melakukan razia selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 4 s/d 6 Juli 2017, Satuan Lalulintas Polres Biak Numfor menjaring dan menindak ratusan pelanggar, Kamis (6/7/2017).

Giat razia yang digelar di sejumlah lokasi, diantaranya di Jalan Imam Bonjol, Jalan Pramuka dan Jalan Majapahit itu tercatat sebanyak 128 pelanggar dengan rincian 121 ditundak dengan tilang dan 7 teguran.

IMG-20170706-WA0103

Kasat Lantas Iptu H. Darwis S.Sos mengatakan, pihaknya terus gencar melakukan penertiban kepada pengguna jalan dengan maksud untuk mengurangi angka kecelakaan lalulitas. Dari jumlah pengguna kendaraan yang terjaring, pelanggaran terbanyak yaitu tidak menggunakan helm.

“Sangat disayangkan karena masih rendah kesadaran masyarakat pengguna jalan di daerah ini, walaupun  sudah memahami aturan lalulintas yang ada seperti menggunakan helm yang sudah menjadi kewajiban, dan aturan itupun adalah untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain, untuk itu saat ini kami tindak tegas dan tidak lagi memberikan himbauan namun langsung ditindak dengan tilang, dan terbukti dalam tiga hari jumlah pelanggar cukup banyak, ”tegas Kasat Lantas Iptu Darwis.

IMG-20170706-WA0097

“Para pelanggar yang ditilang dan dikenakan denda pelanggaran lalu lintas melalui sistem E-tilang, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Pelanggaran Lalu Lintas, sehingga wajib bagi pelanggar melakukan pembayaran ke BRI atau ATM BRI atau melalui HP Android dan bukti pembayaran denda tilang dapat ditunjukkan ke petugas dan kendaraan yang disita dapat diambil kembali, “pungkas Kasat Lantas.

Kasat Lantas juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat menumbuhkan kesadaran sendiri saat mengendarai kendaran roda dua maupun roda empat untuk selalu membawa dan melengkapi surat kendaraan serta menggunakan helm bagi pengendara roda dua termasuk penumpangnya. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Ruslan
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password